BAGAIMANA SAYA MENDAPAT $600 DARI OVERBOOKED FLIGHT

Sering mendengar cerita penerbangan yang overbooked terus mencari volunteer dari penumpang yang mau memberikan seatnya dengan kompensasi sejumlah uang dan lain-lain? Hal ini barusan terjadi pada penerbangan saya dari Los Angeles menuju Tokyo dengan Delta Airlines. 

Awalnya saya sedang menunggu boarding di bandara Los Angeles ketika terdengar pengumuman bahwa dibutuhkan 1 penumpang yang mau menyerahkan seatnya dengan kompensasi $600. Awalnya saya agak ragu, tapi semenit, 2 menit kemudian tidak ada tanda-tanda penumpang lain yang maju, dan saya pikir, what the heck, saya toh tidak ada jadwal yang dikejar dan lagi traveling sendirian. Saya maju ke meja di boarding gate dan menanyakan prosedurnya. Yang pertama saya tanyakan apakah penerbangan lanjutan saya dari Tokyo ke Jakarta akan digantikan juga, berikut dengan hotel di Los Angeles dan di Tokyo karena penerbangan yang saya dapat adalah 24 jam kemudian. Staf ramah yang melayani saya waktu itu mengatakan kalau semua flight akan diganti sampai ke Jakarta berikut dengan hotel transitnya.

Setelah saya bersedia, konfirmasi tidak langsung pada saat itu diberikan, saya diminta menunggu sampai seluruh penumpang boarding untuk konfirmasi akhir. Mereka bilang kalau ada penumpang lain yang tidak hadir, seat dari saya berarti tidak diperlukan. Saya berharap-harap cemas sambil tetap menunggu. Akhirnya ketika semua penumpang sudah boarding, saya dipanggil dan diberikan konfirmasi kalau kursi saya diperlukan. Yes! Akhirnya akan dapat $600 juga haha. Kompensasi $600 bukan dalam bentuk cash namun diberikan dalam bentuk virtual kartu kredit Visa yang bisa dipakai selama setahun dari sekarang untuk belanja apa saja secara online. Wah saya bisa beli tiket pesawat lagi dong!

Saya yang mencoba peruntungan bertanya juga apakah penerbangan saya keesokan harinya bisa diupgrade ke business class (tried my luck, eh?). Tidak diberikan tapi tetap diupgrade ke seat Delta Comfort+ dengan extra legroom, priority boarding dan fasilitas sleeping kit selama penerbangan Los Angeles-Tokyo selama 12 jam lebih. Lumayan banget.

Bagasi yang sudah checked-in juga tidak perlu saya keluarkan sampai Jakarta. Semua diatur dengan rapi oleh pihak Delta. Selagi menunggu flight keesokan harinya selama 24 jam di Los Angeles saya diinapkan di Crowne Plaza dekat bandara dengan free shuttle. Sedangkan untuk di Tokyo, saya diinapkan di hotel transit Royal Park bandara Haneda.

Keduanya hotel bagus berbintang empat. Sebagai catatan saya tidak diberikan meal voucher selama transit jadi tetap harus mengeluarkan uang untuk makan sendiri (no problemo, I'm $600 richer now! *sombong*). 

Sebagai informasi, sebelum kejadian di atas ini pada saat check-in online di penerbangan Delta tersebut penumpang juga ditanya sistem komputer apakah bersedia menjadi volunteer apabila ada overbooked flight, dan jumlah uang kompensasi yang diinginkan mulai dari $100-$500 (Maskapai tentunya akan memilih volunteer online yang memasukkan nilai terkecil terlebih dahulu). Pada saat itu saya menjawab tidak bersedia di mesin check-in karena tidak mengerti konsekuensinya untuk penerbangan sambungan berikut. Tapi dari pengalaman pertama saya menjadi volunteer overbooked flight, saya berkesimpulan kalau memang tidak ada hal penting yang harus dikejar saat pulang dan apalagi traveling sendirian, saya dengan senang hati menjadi volunteer lagi apabila dibutuhkan.

Baca juga artikel menarik ini kalau mau tahu soal menjadi sukarelawan untuk overbooked flights. Ada tipsnya juga supaya kamu bisa mendapat keuntungan-keuntungannya jadi volunteer seperti cerita saya! http://budgettravel.about.com/od/airfaredeals/ss/Overbooking-Airline-Bump.htm#step-heading (Kenny Santana)

TOPICS:

Comments (0)

fly 5 years, 11 months ago

thanks for sharing. good info =)

Reply

Yudo Baskoro 5 years, 10 months ago

lol itu hotelnya wc-nya tembus pandang bro ? wkkwkwkw... untung sendiri...

Reply

Meidiana Kusuma 5 years, 9 months ago

Ehh? aku malah baru denger, bener banget sih Ken, kalo memang kita lagi ga buru-buru dan dapet kompensasi yang lumayan banget, Why not? heheheh

Reply

Bijo 4 years, 5 months ago

Aku pernah denger beginian waktu lagi mau boarding dari Calgary ke Seattle. Digantiin penerbangannya Calgary - Vancouver - Seattle, tapi cuma kecil penawarannya jadi aku gak tertarik *sombong* :-D

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional