MUDAHNYA APLIKASI VISA RUSIA

Baru-baru ini saya liburan ke Rusia, dan ternyata untuk aplikasi visanya tidak sesulit yang diperkirakan meskipun harus menggunakan visa support langsung dari negaranya. Apa saja trik dan tipsnya? Berikut beberapa hal penting yang harus diingat saat melakukan aplikasi visanya. (Kenny Santana)

1. Semua pengunjung Rusia harus memiliki visa support/invitation yakni dokumen yang dikeluarkan agen travel resmi di Rusia untuk membuktikan kalau pengunjung memang benar akan ke Rusia. Visa support ini dapat diperoleh online di www.expresstorussia.com dengan biaya mulai dari $18 per orang. Tapi beberapa hotel juga mengeluarkan visa support secara cuma-cuma. Yang saya lakukan adalah mengemail hotel sebelum melakukan booking lalu mereka membalas dengan info akan mengeluarkan visa support secara cuma-cuma, baru kemudian saya booking hotel tersebut dan email bukti bookingan ke pihak hotel. Beberapa hari kemudian visa support akan diemail untuk keperluan visa. Bagi yang booking Airbnb tentunya harus membeli visa support secara online seperti info di atas.

2. Aplikasi visa Rusia hanya bisa dilakukan via online di https://visa.kdmid.ru dengan formulir yang sangat sederhana dan salah satu yang paling mudah yang pernah saya isi. Yang tricky hanya di bagian no 11 di mana ditanyakan "Host organisation you intend to visit" Jangan mengisi nama dan alamat hotel. Tapi gunakan nama dan alamat agen travel yang mengeluarkan visa support. Jika kamu mengunjungi beberapa kota, pilih satu nama/alamat saja. Kalau visa support dalam bahasa Rusia, minta bantuan pihak hotel untuk memberi info nama dan alamat agen travel dalam bahasa Inggris supaya kamu bisa mengisi bagian ini dengan benar.

3. Visa Rusia adalah salah satu yang paling mudah proses aplikasinya karena dokumen yang diperlukan sangat sederhana. Tanpa rekening koran, tanpa surat keterangan kerja, tapi yang penting kamu harus memiliki syarat-syarat berikut: formulir yang sudah diisi online dan diprint, paspor, 2 foto ukuran 3x4 (pastikan ukuran benar), bookingan tiket pesawat dan hotel, dan tentunya visa support. Info lebih jelas: http://indonesia.mid.ru/web/indonesia_ind/visa-untuk-rusia

4. Biaya visa Rusia untuk sekali masuk adalah $70 yang bisa dibayar dengan rupiah ataupun dolar (informasi biaya visa jenis lain ada di http://indonesia.mid.ru/web/indonesia_ind/visa-untuk-rusia) dengan proses standar sekitar 14-20 hari kerja. Pada bulan Juni sebelum high season Lebaran, saya submit paspor 5 Juni dan pada saat aplikasi langsung diberi informasi tanggal pengambilan 20 Juni.

5. Proses aplikasi di kedutaan Rusia sangat sederhana dan tidak memerlukan janji terlebih dahulu. Tapi patut dicatat petugas hanya ada satu orang sehingga di waktu-waktu tertentu apalagi high season antrian bisa panjang dan mencapai 2 jam. Kalau saya perhatikan dalam dua kali kedatangan jumlah antrian lebih ramai di pagi hari daripada siang hari. Karena kedutaan menerima dokumen sampai jam 13.00 WIB. Saya sarankan datang sekitar jam 12.00 WIB untuk menghindari antrian pagi hari. Prosesnya sendiri dengan petugas hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit untuk mengecek semua dokumen yang diperlukan.

Akhirnya ini dia visa Rusia yang saya urus sendiri...

Ayo jangan ragu lagi ke Rusia!

TOPICS:

Comments (0)

sonya 8 months, 3 weeks ago

Hi!

thank you infonya bermanfaat bgt! boleh info ga, saya sudah ke web express to rusia tapi di kolom citizenship ga ada Indonesia. Gimana ya? Ditunggu jawabannya. Tengkyu :)

Reply

angga 7 months, 3 weeks ago

coba di www.bronevik.com saja mbak.. 24USD. Untuk di web expresstorussia.com memang sudah tidak ada pilihan Indonesia :(

Reply

angga 7 months, 3 weeks ago

bantu jawab.. Coba di www.bronevik.com saja mbak.. 24USD. Untuk di web expresstorussia.com memang sudah tidak ada pilihan Indonesia :(

Reply

KARINA 5 months, 2 weeks ago

BOLEH TANYA CARI TIKET MURAH KE RUSSIA PAKE AIRLINES APA YA

Reply

djoni 3 weeks, 4 days ago

numpang tanya dong kalau saya pakai 2 hotel yg berbeda(moscow & st petersburgh) apakah visa support letternya harus 2 juga?

Reply

wiwik 1 week ago

nanya donk kak, kalau dpt invitation latter aja apakah bisa? atau perlu support latter , apakah perbedaannya? thanks

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional