PROSES APLIKASI VISA KUBA

Dibandingkan dengan visa negara-negara lain, aplikasi visa Kuba atau sering disebut tourist card adalah salah satu yang paling mudah yang pernah saya lakukan. Berikut prosesnya:

1. Mengirim email ke kedutaan Kuba di Jakarta

Berikut kira-kira bunyi email pertama saya ke [email protected]

To whom it may concern,

I would like to apply for Visa to Cuba as I plan to travel to the country next month

Kindly advise the procedures/documents for the application. 

Berikut balasan yang saya terima kira-kira keesokan harinya

Dear Kenny:

Attached you will find all information needed.

If you are going to flight to Cuba directly from the USA, the airlines will make you to buy a Tourist Visa to them for boarding the plane so is better no to buy it in here as you will have then two Tourist Visas and you only need one.

Menurut konsuler tersebut jika saya terbang dari Amerika saya dapat membeli tourist visa dari maskapai tersebut. Karena saya saat itu terbang via Eropa saya tetap mengajukan aplikasi dari Jakarta

Berikut attachment yang disertakan beserta persyaratannya:

Persyaratan utama adalah sebagai berikut

Paspor, online form dan general form yang diisi online lalu diprint dengan foto ukuran paspor, travel itinerary, bookingan hotel, kartu identitas atau bukti kerja (saya yang freelance hanya menyertakan KTP dan paspor) dan asuransi. Jika ada yang kurang jelas, atau salah dalam pengiriman konsuler biasanya akan mengemail kembali kekurangan/kesalahannya. Berikut general form yang pengisiannya sangat sederhana. Sebagai freelance yang bekerja sendiri saya mencantumkan KartuPos sebagai employer.

Untuk asuransi saya menggunakan yang mengcover Kuba. Jika kamu belum memiliki asuransi berikut rekomendasi dari kedutaan. Atau jika ingin membeli langsung di Indonesia, pastikan asuransi kamu mengcover negara Kuba di polisnya.

2. Jumlah hari proses visa 

Setelah mengirimkan syarat-syarat yang diminta secara lengkap, sekitar 3 hari kemudian saya mendapat balasan untuk mengambil tourist visa 3 hari dari tanggal email dari konsuler. Untuk perkiraan waktu dari persyaratan dipenuhi, paling cepat dipanggil untuk mengambil visa Kuba adalah 6 hari kerja. Waktu yang disarankan kedutaan adalah minimal 15 hari kerja sebelum tanggal travel.

3. Info sebelum mengambil visa 

Waktu dan tanggal pengambilan visa bisa disesuaikan dengan waktu pribadi tapi jika sudah set waktu pertemuan jika ada perubahan dari aplikan akan dikenakan biaya 25 euro. Biasanya waktu yang diberikan untuk mengambil antara jam 9 pagi sampai jam 12 siang. Untuk pengambilan, aplikan diminta dibawa paspor, print out semua dokumen tersebut, dan uang pas sebesar 22 euro untuk pembayaran visa (mereka tidak menerima pembayaran lain tapi sepertinya bisa mengembalikan jika dibayar dengan 25 euro. Saya membayar dengan uang pas jadi tidak bisa memastikan hal ini 100%). Jika aplikan berhalangan, pengambilan visa dapat diwakilkan tapi harus membayar 25 euro tambahan.

4. Hari H pengambilan visa

Konsuler yang menerima saya saat pengambilan, Michael sangat ramah dan mengajak ngobrol mengenai rencana perjalanan ke Kuba. Dia juga memberikan sedikit tips dan informasi mengenai Kuba sebelum keberangkatan. Proses menunggu tourist card keluar memakan waktu kurang lebih 30 menit, dan saat diberikan, tourist card sesuai istilahnya tidak ditempel di dalam paspor melainkan berupa secarik kertas yang harus dibawa saat berangkat ke Kuba. Jangan sampai hilang dan selamat menikmati Kuba!

TOPICS:

Comments (0)

Christy 3 months ago

Hi. Salam kenal.

Mau tanya soal pembuatan visa Kuba.
Boleh tau untuk general application form nya itu dapet darimana?
Dan untuk asuransi nya langsung email Asistur yang dimentioned diatas?

Thanks a lot!

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional