TIPS SUKSES DI TRAVEL FAIR

Sering ke travel fair tapi gagal mendapat promo yang diincar atau malah sudah malas duluan karena saking ramainya? Berikut tipsnya untuk sukses di travel fair bahkan mendapatkan tiket promo tanpa harus datang ke fairnya! (Kenny Santana)

1. Booking tiket di cabang agen travel

Banyak yang tidak tahu kalau tiket-tiket harga promo yang ada di travel fair dapat juga dibooking di agen travel yang berpartisipasi. Biasanya travel fair dibuka hari Jumat jam 10 pagi, coba datang atau telp ke call center agen travel yang biasanya buka jam 8.30 pagi. Booking tiket yang diinginkan tanpa harus berdesak-desakan dengan ribuan pengunjung travel fair lalu bawa kode bookingan untuk diissued di travel fair buat mendapatkan promo-promo spesial seperti bonus miles, voucher bandara, hadiah menarik dan lain-lain. Kalau kalian tidak peduli dengan hadiah-hadiah ini, bahkan tiket bisa langsung diissued di cabang agen travel tanpa harus bersusah payah ke travel fair. Saya pernah mendapatkan promo tiket ke Bali dengan Garuda Rp. 700 ribu pulang pergi dari Jakarta sudah net untuk weekend. Tanpa antri!

2. Cari waktu terbaik

Kalau tetap ingin datang ke travel fairnya, bagi saya waktu terbaik adalah saat travel fair dibuka yang biasanya hari biasa dan datang paling pagi. Stok tiket paling banyak dan biasanya tidak seramai akhir pekan atau jam pulang kerja atau makan siang.

3. Gunakan kartu kredit

Gunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai yang melakukan travel fair untuk mendapatkan promo tambahan yang biasanya tidak main-main. Di Singapore Air Travel Fair bulan Mei ini misalnya dengan kartu kredit BCA SQ bisa beli tiket ke Singapura cuma USD50 saja! Jangan lupa untuk mengisi limit kartu kredit sebelum berangkat ke travel fair, nggak mau saat sampai di travel fair ternyata kartunya over limit kan?

4. Cari destinasi tidak biasa

Kehabisan destinasi yang lazim karena diburu banyak orang? Atau malah tidak termasuk promosi karena begitu populer. Cari destinasi yang beda, jauh dan tidak banyak dicari orang. Promo Singapore Airlines ke Sao Paulo Brazil seharga USD1200- USD1300 misalnya merupakan penawaran travel fair paling baik yang pernah saya dapat. Contoh lain adalah tiket ke Moscow seharga USD850 juga bisa jadi pertimbangan. Begitu banyak destinasi yang ditawarkan oleh travel fair, jadi jangan cuma hanya membeli tujuan ke Bali lagi, atau ke Singapura lagi.

5. Ajak teman ke travel fair

Ada banyak penawaran di saat travel fair, cash back misalnya. Antrian untuk cash back kadang lebih panjang daripada antrian membeli tiket karena biasanya terbatas. Disinilah kegunaan membawa teman saat travel fair, di saat kamu sibuk membeli tiket promo yang diinginkan, temanmu bisa mulai mengantri untuk mendapatkan cash back atau hadiah-hadiah lainnya. Saat tiket sudah ditangan, antrian temanmu pastinya sudah lebih mendekat ke baris paling depan.

6. Punya rencana cadangan

Kalau punya beberapa rencana liburan ke destinasi tertentu dan tanggal tertentu, sebaiknya siapkan pula rencana cadangan jikalau itinerary utama tidak tersedia. Perhatikan juga kalau tiket-tiket promo biasanya memiliki batasan tanggal yang tidak termasuk hari libur besar dan tidak bisa diganti/refund jika sudah diissued. Jika sudah berada di depan agen travel dan tidak memiliki itinerary cadangan bisa jadi kamu pulang dengan tangan kosong. Tentunya tidak perlu memaksakan harus belanja jika memang tidak ada promo yang kamu inginkan.

7. Perhatikan promo spesial

Di beberapa travel fair ada promo-promo spesial seperti misalnya happy hour di mana harganya lebih murah, lelang tiket, serta bagi-bagi hadiah dan banyak lainnya. Lihat kalendar travel fair dan tahu jadwalnya supaya kamu mendapatkan keuntungan lebih.

8. Tidak perlu ‘rakus’

Tujuan paling utama dari ke travel fair adalah mendapatkan tiket dengan harga promo. Bonus tambahan seperti frequent flyer miles tambahan, cash back, voucher dan lain lain adalah gimmick yang tentunya menyenangkan jika bisa didapat juga. Tapi jika memang waktu dan kondisi tidak memungkinkan, yang paling penting kamu bisa melakukan poin no satu dan mendapatkan tiket yang sudah lama diincar tanpa harus bersusah payah. Kalau memang waktu dan kondisi memungkinkan, tentunya nggak ada salahnya berburu bonus-bonus tersebut.

Sampai bertemu di travel fair!

 

TOPICS:

Comments (0)

There are currently no comments

Send Your Comment

required

required (not published)

optional