SIDE TRIP SERU DARI MELBOURNE

Ke negara bagian Victoria di Australia, tidak melulu harus berkutat di kota Melbourne. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kota kopi ini, pengunjung bisa menikmati beragam pengalaman berbeda jauh dari keramaian. Berikut beberapa yang paling berkesan... (Kenny Santana)

Yarra Valley

Yarra Valley terkenal dengan anggurnya, jadi pengunjung akan dimanjakan dengan wine terbaik Australia di mana saja mereka menikmati hidangan baik makan siang maupun malam. Selain itu tersedia juga pilihan tur winery dan supaya lebih komplit, tinggallah di akomodasi dengan pemandangan bukit perkebunan anggur. Pecinta wine pasti seperti menemukan surganya! Bukan saja ayah ibu penikmat wine yang menikmati Yarra Valley, anak-anak yang dibawa juga pasti terkesan karena beberapa tujuan wisatanya seperti sengaja diciptakan untuk mereka, antara lain Yarra Valley Chocolaterie yang menawarkan beragam jenis coklat dari yang berbumbu cabe sampai edisi khusus dengan bungkus yang digambar kaum Aborigin. Tempat ini selalu dipadati warga lokal maupun turis yang mencari cinderamata khas Yarra Valley.

Kalau belum puas dengan coklat, salah satu pengalaman menarik di Yarra Valley adalah kunjungan ke Rayners' Stonefruit Orchards yang seperti Taman Buah Mekarsari di Bogor, memberikan sensasi memetik buah langsung dari pohonnya. Yang berbeda dari pengalaman domestik adalah banyaknya buah-buah yang tidak terdapat di Indonesia yang bisa dinikmati di sini, seperti hibrida aprikot plum yang disebut plumcot sampai yang baru pernah saya cobai, nectarines semuanya ranum berisi, dan bisa langsung dinikmati saat itu juga! Kunjungan ke Yarra Valley biasanya memakan waktu satu hari satu malam supaya ada kesempatan bangun pagi buat naik balon udara dini hari dengan pemandangan bukit-bukit dan perkebunan anggur. Yang agak berbeda dengan pengalaman naik balon udara di Cappadocia, di Yarra Valley pengunjungnya ikut berperan serta membuka dan menutup balon udara bersama para kru sehingga lebih terasa kebersamaannya. Persamaannya? Perasaan berdebar-debar melayang di udara!

Mornington Peninsula

Walaupun saya sudah pernah dua kali berkuda dengan lanskap yang berbeda; sekali di Islandia dan sekali lagi di Bali, saat diajak berkuda di Mornington Peninsula saya tetap tertarik karena pengalamannya berbeda dengan panorama pantai sebagai setting berkuda. Benar saja, pengalaman berkuda bersama Gunnamatta Trail Rides memberikan kenangan tersendiri, dari menembus hutan-hutan sampai akhirnya tiba di pantai pasir terkena hembusan angin laut dan percikan ombak, pengalaman berkuda di Mornington Peninsula bisa jadi itinerary favorit seluruh keluarga. Selesai berkuda, badan kaki dijamin lelah, dan cara terbaik untuk menyembuhkannya adalah berendam di Peninsula Hot Springs. Di sini beragam kolam dengan setting alami baik itu dari kolam refleksologi, air panas dan air dingin, sampai ke yang berpemandangan di atas bukit, semuanya diharapkan membuat badan dan pikiran menjadi lebih rileks sebelum kembali ke kota Melbourne atau destinasi berikutnya. 

Phillip Island

Melihat penguin tidak perlu sampai ke kutub! Buktinya Phillip Island, sekitar 2 jam dari kota Melbourne telah menjadi tujuan wajib bagi banyak pengunjung demi bertemu dengan para penguin di habitat aslinya. Memang berbeda dengan pengalaman melihat penguin di kebun binatang buatan, di Philip Island Nature Parks, pelancong diajak untuk mengunjungi penguin-penguin ini di pantai pada sore hari di saat mereka kembali dari laut untuk kembali beristirahat di sarang-sarangnya. Perjalanan mereka dari pantai menuju sarangnya inilah yang dijadikan 'pertunjukan' alam yang menggemaskan. Untuk melindungi penguin terganggu dari kilatan cahaya blitz kamera, pengunjung dilarang menggunakan kamera sama sekali di kawasan ini. Tapi dengan begitu, malah pengunjung lebih benar-benar menikmati gerak-gerik si penguin tanpa harus terganggu dengan kesibukan memotret kan? Saya beruntung saat menuju ke area menonton penguin ini, di sisi jalan yang kami lewati terdapat sangkar penguin dan penghuninya. Satu foto tanpa blitz berhasil saya dapatkan untuk kenang-kenangan dan tentunya tulisan ini. Oh ya, ada beberapa pilihan tempat menonton para penguin yang dapat disesuaikan dengan budget dari di pinggir pantai terbuka yang paling ekonomis sampai yang VIP dan tentunya paling mahal.

Selagi di pulau ini jangan lupakan ada beberapa atraksi lainnya yang tidak kalah menariknya, dari fasilitas terbaru Antarctic Journey yang berada di komplek yang sama, Phillip Island Circuit dengan adu Go Karts bersama teman-teman atau keluarga, A Maze'N Things taman bermain dengan penuh atraksi yang membuat mata terbelalak, sampai Maru Koala Park di mana saya bertemu binatang-binatang khas Australia seperti koala, tentunya, sampai yang baru pertama kali saya lihat, kangguru albino yang seluruh tubuhnya berwarna putih. Phillip Island selalu penuh kejutan!

Garuda Indonesia adalah satu-satunya penerbangan non-stop dari Jakarta ke kota Melbourne dengan waktu tempuh kurang dari 6 jam. Untuk jadwal dan promo tiket cek www.garuda-indonesia.com


TOPICS:

Comments (0)

niken 1 year, 4 months ago

Could you give me the itinerary for this trip?

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional