SEKARANG MUDAH DAPAT MULTIPLE ENTRY VISA!

Sekarang ini syarat aplikasi multiple visa untuk beberapa negara sudah jauh lebih mudah dibanding jaman dulu. Selain Amerika yang nyaris selalu memberikan visa multiple hingga 5 tahun untuk aplikasi yang diterima, beberapa negara sepertinya mulai mengikuti jejak kedutaan Amerika ini.

Australia contohnya sekarang hampir selalu memberikan multiple visa 1-3 tahun dengan harga yang sama dengan single entry visa. Tentunya kemungkinan mereka yang disetujui akan lebih besar bagi yang sudah pernah mengunjungi negara kanguru tersebut.

Begitu juga berdasarkan pengalaman banyak teman, jika melakukan aplikasi visa Schengen lewat kedutaan Belanda, mereka seringkali mendapatkan multiple entry bahkan sampai 5 tahun biarpun dalam aplikasi mereka tidak meminta multiple entry. Tentunya patut dicatat aplikasi Schengen di kedutaan Belanda hanya berlaku bagi mereka yang ingin mengunjungi negara Belanda terlama dibandingkan negara anggota Schengen lainnya.

Baru-baru ini saya akhirnya melakukan sendiri aplikasi visa Schengen melalui kedutaan Belanda. Sebelum datang sendiri untuk melakukan proses wawancara saya melihat syarat aplikasi dan mendaftar jadwal via online di http://indonesia.nlembassy.org/organization/departments/consular-affairs/schengen-visa%5B2%5D/schengen-visa.html Patut diingat untuk mendaftar jauh-jauh hari dari waktu wawancara yang diinginkan setidaknya sebulan sebelumnya karena jadwal cepat sekali terisi penuh. Proses di dalam kedutaan berlangsung sangat efisien, praktis dengan staf yang ramah dan tidak mengintimidasi seperti beberapa kedutaan lain.

Biarpun sudah beberapa kali memiliki visa Schengen dan beberapa kali mengunjungi Belanda, saya belum pernah mendapatkan visa Schengen dari kedutaan Belanda ini. Staf yang melayani saya bertanya mengenai hal ini, dan saya jawab sejujurnya. Karena melihat visa-visa Schengen sebelumnya dan track record ke Belanda, saat wawancara staf tersebut berujar begini "Saya akan request untuk multiple entry 2 tahun ya Pak, tapi tetap keputusan di tangan Embassy. Visa nanti bisa diambil hari Selasa pukul 14.30." Pada waktu itu saya wawancara hari Jumat pukul 8.30 pagi. Jadi sekitar 2 hari kerja visa sudah bisa diambil. Sebagai info, untuk multiple visa dari kedutaan Belanda tidak dikenakan biaya tambahan dibandingkan single entry.

Ketika hari Selasa tiba dan giliran saya mengambil dipanggil, saya membuka paspor dan syukurlah, saya mendapat visa Schengen multiple entry untuk 2 tahun!

Nah Jepang juga sejak akhir 2014 kemarin juga mempermudah aplikasi multiple visa, apalagi buat mereka yang pernah ke Jepang dan pernah mengunjungi atau memiliki visa negara G7 (Kanada, Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Amerika dan Jepang sendiri) kemungkinan mendapat multiple visa sangat besar. Syarat-syarat lain yang diminta juga tidak sulit dan masuk akal. Semua bisa dilihat di situs resmi ini: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_8.html Dan terbukti hanya dalam 4 hari kerja saya (yang memiliki visa Inggris, Amerika & Schengen di paspor yang sama) mendapatkan keputusan bahwa visa Jepang saya disetujui untuk multiple entry maksimal 30 hari per visit selama 5 tahun sampai tahun 2020 nanti.

Mungkin ada yang bertanya, kalau sudah punya e-paspor dan bisa visa waiver ke Jepang, kenapa harus apply multiple visa juga? Tentunya kemudahan yang didapat dengan multiple visa, perjalanan ke Jepang tidak terbatas harus 15 hari dan tidak perlu lapor ke kedutaan besar yang memerlukan waktu 2 hari kerja sebelum berangkat.

UPDATE: Koleksi visa multiple saya juga baru bertambah dengan visa Kanada 4 tahun multiple entry dan Korea 5 tahun. Untuk visa Kanada, memang sekarang mereka sebagian besar memberi visa multiple sesuai umur paspor yang digunakan saat aplikasi, jadi sebaiknya saat paspor masih baru dan ada rencana ke Kanada, segera apply. Akan lebih mudah kalau kamu sudah punya visa Amerika.

Nah untuk yang mau bolak-balik Korea, syarat multiple entry visa Korea tidak sulit kok, asal ada bukti sudah pernah ke Korea sebelumnya atau mengunjungi negara-negara OECD. Biayanya hanya 2x lipat visa single. Info lengkapnya ada di sini: http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp

Ayo, kalau syarat-syarat memang bisa dipenuhi, jangan takut untuk memilih multiple entry saat aplikasi visa! (Kenny Santana)

TOPICS:

Comments (0)

Ariesta 2 years, 1 month ago

'Tidak perlu lapor ke kedutaan besar yang memerlukan waktu 2 hari kerja sebelum berangkat.' ini maksudnya ngelapor untuk dapet visa waiver sebelum berangkat ke Jepang kan? Makasih Kak Kenny :)

Reply

Kenny Santana 2 years, 1 month ago

Betul lapor untuk epaspor mendapat visa waiver

Reply

wedding planning diary book 1 week, 3 days ago

Wheen yoou see how much money did you are spending in this particular process, your pursuit aren't going to be
in vain. Love is amongst the most incredible things which occur in everyone's life after
we gropw up. But unfortunately collection made available from online jewelry
stores don't impress you, try searching the ring on other stores offering special discounteed offer arouynd the acquisition of diamond rings.

Reply

Antonius Wisma 2 years, 1 month ago

Kak baru2 ini saya buat e-paspor rencannya tuk ke japan taon dpn. Cara terbaik /petunjuk tuk dapat visa waiver.

Reply

Kenny Santana 2 years ago

Untuk visa waiver ada infonya di situs visa Japan. Caranya mudah kok setahu saya.

Reply

Dixi 2 years ago

Mas, kalo untuk pengajuan visa multiple entry Jepang apakah perlu itinary, tiket pesawat, hotel seperti pengajuan visa single entry? Sy pernah ke Jpn dapet visa single entry (utk kategori kunjungan wisata dengan biaya sendiri)? Saya ada rencana ke Jpn lagi tahun depan kalo tidak perlu itinary, dll sy mau ngajuin bulan ini mumpung lg nganggur, hehehehehe. Thank you.

Reply

Kenny Santana 2 years ago

Setiap pengajuan visa perlu tiket pesawat dll.

Reply

Tanti 2 years ago

Kak, aku dapat visa untuk 5Th, tapi di visa tertulis 180hari. Aku jadi bingung nich Kak kegunaannya gimana? Karena dullu pengajuan juga untuk 5Th. Yang ingin aku tanyakan apakah saya masih bisa bolak balik ke Negara tsb?
Bantu yaa kak urgent nich, thank

Reply

Kenny Santana 1 year, 11 months ago

Masa di negara itu ga boleh lebih dari 180 hari per kedatangan setahu aku begitu. Ini visa negara mana ya?

Reply

chas 2 years ago

mas kenny, kalo untuk pengajuan visa jepang, keterangan "request for multiple entries" hanya di form atau kita perlu lampirkan keterangan tambahan ya? (seperti surat terpisah begitu)
mohon infonya, tks

Reply

Kenny Santana 1 year, 11 months ago

harus lampirkan syarat2 yg diperlukannya

Reply

Devi 1 year, 11 months ago

Kak Kenny,
Jadi kalau aku first entry nya belanda - pulang juga dari belanda dan dibelanda selama 4 hari, Italia seminggu
aku gak bisa apply via belanda ya ?

Reply

Kenny Santana 1 year, 11 months ago

Belanda harus lebih lama dari Italia resminya

Reply

Dina 1 year, 11 months ago

kak kenny
Mau tanya dunk itu kan dapet visa belanda untuk 2thn brarti bisa bolak-balik ya 3 bln sekali? Ato tetep harus ngajuin visa lagi. Mksh

Reply

Elisa 1 year, 11 months ago

Mas,saya pemegang e-paspor.Mau ke Jepang selama 15 hari bln April nanti .Saya takut tiket dimundur satu hari ,jd sebaiknya cukup visa waiver atau visa single entry?Mohon infonya,thx.

Reply

pitria susilawati 1 year, 9 months ago

Mau tanya kak,,,untuk visa transit korea apa saja syaratnya,,,misalkan saya dr hongkong - korea -jakarta untuk korea stay few days sebelum fly ke jakarta

Reply

mamet 1 year, 9 months ago

Hallo kak, mo nanya.. aku mo bikin visa multiple entry ke australia, ada info agen visa yg terpercaya g kak? makasih, aku rncana di bulan april 2016 mo ke melbourne...

Reply

Md.shamlo 1 year, 9 months ago

Hi md. Shamol ? I love amyrika

Reply

annastacy 1 year, 6 months ago

Haloo, mau nanyaa dong, kalau utk multiple entry visa Korea asal pernah ke Korea atau mengunjungi negara OECD saja sdh boleh ya? Apa perlu lampirkan financial statement dll lagi? Thank youu sblmnya :)

Reply

yosi 1 year, 4 months ago

Saya dapat Visa turis Australia multiple entry 1 tahun, pada saat pengajuan visa di aplikasi saya sebutkan berkunjung cuma 7 hari. Yang ingin saya tanyakan, bisakah kunjungan saya perpanjang menjadi 2,5 bln? Apakah ini akan mempengaruhi saya ketika seminggu kemudian saya balik ke Australia?

Reply

putri 1 year, 3 months ago

halo ka saya mau tanya
kalau mau multiple visa tp blm pernah ke negara oecd kesempatan buat dpt multiple visaada ga ? terimakasih

Reply

Alessandra 1 year, 3 months ago

Halo kak Mw tanya saya punya visa kunjungan multiple k Australi
Na di dalam visa ada perbedaan nama kurang satu huruf kak
Alesandra di visa
di all dataq alessandra ap akan bermasalah??

Reply

Chong 1 year, 3 months ago

untuk multiple visa ke korea kira2 minimum saldo tabungan berapa ya ka? huhu mohon infonya

Reply

Joseghin 1 year, 2 months ago

Hi Kenny..
Saya mau tanya apakah punya pengalaman keluar masuk ke US den visa multiple kurang dari 1 bulan ? Karena bulan depan saya ada rencana pulang ke jakarta awal okt dan kembali lagi 31 okt ,Terima kasih

Reply

lia 1 year ago

Maaf tanya, visa belanda bisa multi entri lama nya.
selain belanda negara mana lagi nya. eropa maskudnya
terima kasih dan salam kenal

Reply

Anne 10 months, 3 weeks ago

berarti kalau mau apply visa multi japan tinggal donlot aplikasinya, diisi dan dilengkasi seperti ngajuin visa single ya?
sepat agak ragu karena di website tertulis khusu untuk pengusaha dan peneliti

Reply

nia 10 months ago

Halo,
Mau nanya kira-kira ada jarak waktu tertentu ga untuk keluar masuk korea bagi pemegang multiple? saya ada rencana ke korea seminggu trus pulang ke indonesia tp sekitar dua hari kemudian saya balik lg ke korea untuk dua minggu, boleh ga ya kira-kira? Terima kasih.

Reply

CHELLA 8 months, 3 weeks ago

Jadi kalo visa multiple entry ini tetap perlu mengajukan visa waiver atau langsung visa multiple entry?

Reply

Woni 7 months ago

Apakah bisa urus multiple visa ke australia.
Mengingat bulan juli lalu saat saya diberi visa untuk le Sydney, petugas embassy bilang
"Ibu ... untuk pengurusan visa selanjutnya , ibu tidak perlu datang ke jakarata atau kesini (bali), cukup via online.
Tapi saya inginnya apply multiple visa, karena saya akan sering mengunjungi suami sebelum permanent visa di approve.
Terimakasih sebelumnya

Reply

samianh 5 months ago

untuk bikin visa multif apa harus pake e-paspor dan apa harus pendidikan yg tinggi...andaikan pendidikannya kelulusan smp,apakah bisa bikin e-paspor dan visa multif..trimakasih atas jawabannya
aku butuh untuk tujuan taiwan

Reply

Rozky 1 week, 1 day ago

Selamat siang,
Saya mau bertanya, apakah jenis visa multientry bapak sama dengan saya? Saya mendapat Visa Schengen multi entry untuk 5th dengan maksimal kunjungan tinggal adalah 3 bulan dari kedutaan Belanda.
Pertanyaan saya, berapa lama waktu yang dibutuhkan saya untuk keluar dari negara Schengen agar bisa kembali berkunjung ke negara Schengen ??

Apakah dalam sehari keluar schengen (misal ke Turkey) lalu kembali lagi ke Belanda untuk tinggal lagi selama 3 bulan bisa ??

terima kasih

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional