QUIT YOUR JOB AND TRAVEL? WAIT!

Begitu banyak artikel atau contoh orang-orang yang berhenti dari kerjaan untuk mengejar passionnya jalan-jalan. Atau yang lebih ideal lagi, bekerja di dunia travel sehingga jalan-jalannya bisa dihitung sebagai pekerjaan. Okeh, saya salah satu yang keluar dari pekerjaan kantoran dan akhirnya menekuni bidang travel lewat @KartuPos tapi tidak semua orang harus melakukan itu.

Beberapa waktu lalu saya membahas soal topik ini di twitter dan alasan banyak orang ingin keluar dari pekerjaan utama adalah terbatasnya jumlah cuti di kantor. Padahal begitu banyak yang bisa dilakukan dengan kondisi yang ada. Jika kalian sudah bekerja lebih dari 5 tahun, ada beberapa kantor memberikan cuti besar selama sebulan. Ada juga kantor yang melakukan CSR pada akhir pekan dan menggantikan cuti buat karyawan yang ikut. Atau yang paling sering saya lakukan saat masih bekerja kantoran adalah mengambil cuti berdekatan dengan hari libur nasional supaya bisa sekaligus libur panjang. Bukan berarti kerja kantoran tidak lebih enak, ada perusahaan yang memberikan dana liburan ke karyawannya atau cuti lebih dari 12 hari tiap tahunnya dan banyak fasilitas lainnya.

Bekerja freelance yang bisa dilakukan selagi traveling mungkin bukan untuk semua orang. Dipikir lagi! Bekerja kantoran terus bisa mengumpulkan uang dan cuti untuk kemudian dipakai pelesir sudah merupakan kenikmatan yang tetap patut disyukuri. Salah satu follower @KartuPos, @evanarifin bahkan ngetwit kalau dia bisa bekerja, kuliah malam dengan uang sendiri terus tetap liburan 3 kali dalam setahun. 

Whatever your office policies are, to be able to work, make a living and still travel the world is something to be grateful for. (Kenny Santana)

Artikel ini pernah dimuat Herworld Indonesia.

TOPICS:

Comments (0)

ade 6 years ago

Setuju banget.
Dulu,saya enggak kepikiran mau plesiran. Bekerja lebih dr 9 thn, tetep dpt cuti 12 hari/tahun. Akhirnya, baru2 ini memutuskan keluar dr perusahaan lama & bekerja di perusahaan yg jatah cutinya 19 hari/tahun & bisa diakumulasi klo selama 2 thn gak diambil! Walau pun gaji kecil, seenggak2nya masih bisa bayar les dan ngayab.

Reply

@aiaidunk 6 years ago

Totally gue cuma dapet jatah cuti 7 hari/tahun dari kantor.. And so far gue enggak pernah ada masalah sama jadwal traveling.. Di luar high season (libur natal & lebaran), gue masih bisa traveling minimal 2x dalam setahun (manfaatin liburan dihari kejepit, dll).. Tetap kerja kantoran dan traveling di waktu yang bersamaan itu menyenangkan kok..

Reply

Ega 6 years ago

Aku setuju, sebenernya ngga perlu resign demi mewujudkan jalan-jalan (beda kalo pengen jalan-jalan setahun full atau enam bulan full) lagian dengan kerja kita bisa kumpulin uang ya untuk jalan-jalan. Aku pribadi resign dari kantor lama dan pindah ke tempat baru dengan salah satu alasannya itu karna dapat jatah cutinya lebih banyak, buat aku paling engga setahun sekali aku liburan ketempat yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya.

Reply

Dinda 5 years, 11 months ago

Setuju deh, suka jalan-jalan bukan berarti harus resign.. Malah kan uang hasil kerja kantoran bisa dipake buat biaya jalan-jalan.. Gue karyawan swasta dengan cuti 12 hari/tahun, mahasiswi tingkat akhir & seneng banget jalan-jalan. Alhamdulillah so far semua oke, setaun bisa pergi ke lebih dari 3 tempat di dalam maupun luar negeri (dengan ambil cuti yang dempetan sama libur nasional, atau cuma liburan 3 hari pas weekend) Alhamdulillah bos gue juga termasuk orang yang dukung karyawannya ambil cuti buat refreshing karena mumet sama kerjaan kantor. :D

Reply

tesyasblog 5 years, 10 months ago

Ada tabungan dana pendidikan, dana pensiun dll..selain SPP bulanan. Jadi tetep kerja, tapi harus balance bisa jalan jalan ama keluarga :)

Reply

@bangbingbung 5 years, 4 months ago

Buat gw kerja di media udah paling pas. Walaupun jam kerjanya gila, tapi gw punya cuti empat belas hari dalam setahun dan gak angus dalam setahun. Bahkan gw masih punya sisa cuti 26 hari sekarang! Itu aja taun ini gw udh liburan ke pahawang, kiluan, flores, lombok, yogya, semarang, dll. Belum lagi ditambah bonus kalo ditugasin liputan ke luar kota. Bisa colongan liburan sehari dua hari :p

Reply

BaRT 2 years, 5 months ago

Kalimat penutupnya oke banget mas. Dan memang itu yang harus dilakukan. Kalau masih ngantor ya syukuri dan cari celah untuk tetap kerja happy dan sesekali liburan. Thanks for the insight mas :-)

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional