HIGHLIGHT MENAIKI QSUITE QATAR AIRWAYS

Saya beruntung menjadi salah satu orang yang termasuk awal mencobai Qsuite Qatar Airways bulan Juli kemarin. Sejak launching untuk rute Doha ke London Heathrow dan sebaliknya pada akhir Juni yang lalu, produk kelas bisnis terbaru Qatar Airways ini menjadi buah bibir traveler dan pecinta aviasi. Berikut beberapa alasan utama kenapa pengalaman naik Qsuite ini begitu mengesankan. (Kenny Santana)

Sliding door

Yang menjadikan Qsuite begitu berbeda daripada kelas bisnis banyak maskapai lain adalah adanya sliding door di tiap tempat duduknya. Sebagai informasi biasanya sliding door ini hanya ada di First Class. Dengan adanya sliding door di tiap seat, privacy penumpang menjadi nomor satu, sehingga bisa menikmati aktivitas saat penerbangan long haul lebih nyaman.

Tahun lalu sendirian jadi media/blogger Indonesia yang diundang maskapai nasional ke inaugural flight mereka ke London. Tahun ini dapat rejeki lagi jadi media/blogger Indonesia pertama yang diendorse untuk mencoba Qsuite pertama @qatarairways ke London juga. It's a fantastic product, bayar kelas bisnis dapat pengalaman kelas first. Selama perjalanan di kabin tadi mikirnya, kalau ada rejeki mau ngumpulin uang atau miles buat nyobain Qsuite rute lebih panjang (wink to New York) because it's worth every damn penny (or miles redemption for that matter). . Really, kalau ada kesempatan coba, you should. No wonder they always win the Skytrax World's Best Business Class even before Qsuite arrived. Menurut gue pribadi Qsuite ini the best business class of any airline yang pernah gue cobain sampai saat ini. Oh ya, Qatar suka promo kelas bisnis sampai 40% loh, will inform when they do again via this account. Full review of the Qsuite coming up! Check my IG story too for more detailed experience. . #qsuite #qatarairways #avgeek

A post shared by KartuPos (@kartuposinsta) on Jul 22, 2017 at 5:46am PDT

Couple and family seat

Qsuite juga istimewa karena jika bepergian dengan pasangan atau keluarga, kursi-kursi yang bersebelahan dapat dibuka pemisahnya sehingga waktu selama di perjalanan jadi cepat berlalu. Saat saya melakukan penerbangan DOH-LHR misalnya keluarga di sebelah saya dengan 4 anggota keluarga dapat bermain kartu bersama karena konfirgurasi Qsuite ini. 

Flying backwards

Single seat di window Qsuite memiliki konfigurasi saling berhadapan dengan pilihan kursi yang lebih dekat window melawan arah rute pesawat (menghadap belakang) atau yang lebih dekat aisle searah perjalanan pesawat (menghadap depan). Saya memilih lebih dekat window karena ingin mencobai sensasi berada dalam pesawat dengan kursi yang menghadap belakang, sesuatu yang tidak pernah saya alami sebelumnya. Benar saja, terutama saat take off dan landing, sensasi melihat pemandangan ke luar jendela tapi dari awal berlawanan tidak bisa terlupakan dan berbeda daripada pengalaman biasanya.

Detil-detil kecil

Saya menyukai detil-detil kecil pada tempat duduknya, dari compartment di sisi kursi, jahitan pada pelapis kulitnya, lekukan pada pintu lengkap dengan warna ungu khas Qatar Airways, lampu baca persis di atas kepala yang dapat disesuaikan tingkat terangnya, sampai penggantung jaket pribadi. Apalagi ada tombol DND yang berarti Do Not Disturb saat pintu ditutup sehingga flight attendant tidak akan mengganggu waktu istirahat kita.

5-star service

Sebagai kelas bisnis, penumpang Qsuite juga mendapatkan makanan, amenities dan in-flight entertainment seperti VIP. Amenities dari Bric’s dan Monte Vibiano, pilihan makanan dan wine yang beragam, serta award-winning Oryx One in-flight entertainment dengan pilihan film-film blockbuster terbaru sampai serial TV beberapa season sekaligus. Tidak heran bahkan sebelum Qsuite hadir, Qatar Airways sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan kelas bisnis terbaik sedunia.

Business Lounge

Sebagai penumpang Qsuite, kita berhak mengunjungi lounge di Doha maupun di London. Kalau di Doha penumpang dapat bersantai di Al Mourjan Business Lounge yang khusus disediakan bagi penumpang Qatar Airways dan oneworld partners, di London sebelum boarding penumpang bisa menghabiskan waktu di Qatar Airways Premium Lounge di Terminal 4 Heathrow. Salah satu hal yang saya suka lakukan di business lounge ini selain shower saat long haul flight adalah memesan makanan ala carte dengan menu yang tersedia setiap saat selama 24 jam. Al Mourjan juga memiliki quiet room dan lounge chairs privat bagi yang ingin berselonjor sebelum waktu terbang tiba.

Apa tips dan triknya supaya di saat transit yang panjang dan melelahkan bisa bersantai sejenak menikmati business lounge sekelas Al Mourjan punya @qatarairways ini di @hiaqatar contohnya? 1. Tentunya jika kamu terbang kelas premium (saya naik Qsuite Qatar Airways yang sekelas bisnis) pasti akan mendapatkan akses langsung ke lounge. Kelas First biasanya memiliki lounge yang lebih exclusive lagi. 2. Menggunakan kartu kredit travel atau platinum yang bisa memberikan akses gratis ke banyak lounge di Indonesia dan seluruh dunia. 3. Mengikuti program frequent flyer maskapai tersebut (seperti Qmiles dari Qatar Airways) dan biasanya kalau sudah naik satu tingkatan member, akses lounge resmi menjadi milikmu minimal sampai setahun ke depan. 4. Kalau cara-cara tadi belum bisa dilakukan, ada banyak lounge bandara dunia (contohnya Oryx Lounge di Doha) yang bisa dibayar untuk memberikan tanda masuk dalam waktu tertentu. Biasanya lounge ini dipisahkan dengan penumpang premium meskipun tetap nyaman dibanding harus menunggu di ruang tunggu biasa.

A post shared by KartuPos (@kartuposinsta) on Jul 31, 2017 at 2:38am PDT

Kesimpulan

Bagi saya pribadi Qsuite adalah kelas bisnis terbaik yang pernah saya cobai. Dengan harga yang dibayarkan untuk kelas bisnis, penumpang mendapat pengalaman layaknya First Class. Jika ada kesempatan mencobai kelas bisnis, masukkan Qsuite sebagai bucket list utama! Apalagi Qatar Airways merencanakan menambah rute ke Paris dan New York City untuk produk juara ini. 

Kalau ingin mencobai Qsuite ini secara lebih terjangkau, ada beberapa cara: 

a. Menunggu sale Qatar Airways yang biasanya datang beberapa kali dalam setahun (saya menyukai promo online Qatar Airways Travel Festival, karena selain potongan harga hingga 40%, poin Qmiles yang diberikan biasanya sampai berlipat-lipat 4x!)

b. Mengumpulkan poin Qmiles dengan bergabung pada program Privilege Club dan terus terbang dengan Qatar Airways atau oneworld member lainnya. Jika jumlah Qmiles sudah cukup, bisa ditukarkan dengan seat Qsuite pilihanmu atau ditambah dengan cash jika Qmiles belum cukup

c. Ikut daftar kartu kredit travel yang memberikan poin Qmiles. Untuk saat ini untuk Indonesia hanya Citibank Premier Miles yang bekerja sama dengan Qatar Airways

Book pengalaman Qsuitemu di www.qatarairways.com

TOPICS:

Comments (0)

agus salim 2 months, 2 weeks ago

Keren memang Qatar Airways. Bulan Nopember 2016 lalu naik QR rute KL-Doha-Istanbul PP. Dapat Qmiles 13300. Trus 9000 Qmiles nya saya tukar 2000 poin Accor, yang cukup buat menginap di Ibis Trans Studio Bandung. Wort it :)

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional