TIPS MENGUNJUNGI MACHU PICCHU

Punya bucket list ingin mengunjungi Machu Picchu? Berikut saya berikan tips dan trik dari pengalaman trip ke sana beberapa waktu lalu.

1. Dengan letak yang sangat jauh dari benua Asia, tujuan Amerika Selatan menjadi yang paling mahal. Hindari beli tiket sekaligus langsung ke benua tersebut. Jika memiliki visa Amerika belilah dua tiket terpisah. Saya membeli tiket ke New York seharga $1200 ditambah tiket New York ke Lima seharga $600 dengan total $1800. Coba bandingkan dengan paling tidak $2300 kalau membeli langsung ke Lima.

2. Dari Lima ada banyak penerbangan ke Cusco, kota dengan bandara terdekat untuk menuju Machu Picchu. Sesampainya di Cusco sebaiknya langsung meninggalkan kota untuk menghindari sakit karena ketinggian alias altitude sickness karena Cusco berada pada ketinggian 3400 meter. Saran saya langsung menuju Aguas Calientes, desa di bawah kaki Machu Picchu pada ketinggian 2000 meter atau ke Sacred Valley 2800 meter untuk menyesuaikan diri terlebih dahulu.

3. Spare 1 hari kosong tanpa itinerary yang berat saat tiba di Cusco/Sacred Valley atau Aguas Calientes sebelum menuju Machu Picchu. Alasannya jika altitude sickness menyerang, kalian tidak harus mengunjungi Machu Picchu dalam keadaan sakit atau malah batal sama sekali.

4. Jika hanya ingin membeli tiket untuk Citadel Machu Picchu tanpa mendaki gunung, bisa dilakukan online atau di Aguas Calientes saat baru tiba. Tapi pastikan untuk menggunakan tour guide yang bisa dibooking dari tempat Cosmoners menginap.

5. Tiba di Machu Picchu pada pagi hari sekitar jam 6 pagi sebenarnya bukan untuk melihat sunrise, tapi lebih untuk menghabiskan waktu selama mungkin di komplek yang sangat besar ini. Saya sendiri menghabiskan waktu sekitar 9 jam karena menjelajah komplek ini dari Citadel, Inka Bridge sampai Sun Gate.

6. Tidak ada WC atau restoran saat masuk ke Citadel. Saran saya adalah untuk membawa bekal dari hotel serta buang air terlebih dahulu sebelum masuk.  Jika dibutuhkan, ada kafe dengan wifi, WC dan toko souvenir persis di pintu masuk.

7. Rekomendasi hotel di Aguas Calientes dengan harga yang masih masuk akal adalah Hotel Sumaq persis di depan sungai Vilcanota. Hotel ini juga dapat mengarrange perjalanan ke Machu Picchu dengan bus dilengkapi dengan guide yang berpengalaman.

8. Pesan terakhir saya jika sudah sampai di sana, nikmati waktu tanpa terburu-buru di Machu Picchu. Ini adalah salah satu keindahan dunia yang paling megah yang pernah saya kunjungi. (Kenny Santana)

Artikel ini pernah disiarkan penulis di Cosmopolitan FM.

TOPICS:

Comments (0)

jannah 5 years, 8 months ago

Hello! I am Jannáh, from the Embassy of Peru in Indonesia. We're very glad to see you enjoyed your trip to Machu Picchu. We would like to let you know that we shared your post in our Facebook Page. Please check it out on:
https://www.facebook.com/pages/Embajada-del-Perú-en-Indonesia/686033911431025

Best regards,

Jannáh.

Reply

Kenny Santana 5 years, 6 months ago

Hi Jannah, sorry I just saw this comment, thanks so much! Love your country very much.

Reply

Oky 4 years, 5 months ago

Saya akan ke Peru minggu ini, ada rekomendasi tour package yang sudah termasuk flight ticket dari Lima?

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional