KOLAM RENANG TERBAIK MILIK ASIA

Setiap kali berlibur, salah satu sumber ketenangan terbaik adalah berjemur, berenang, dan berendam dalam air sambil bersantai menikmati pemandangan yang ditawarkan hotel. Akomodasi mewah di seluruh dunia berlomba-lomba membangun kolam yang mencengangkan untuk memanjakan tamu terbaiknya. Saya mengitari Bali, Singapura sampai India untuk mencari kolam renang hotel paling mengagumkan di Asia untuk panduan kali berikutnya kamu melancong.


Alila Villas Uluwatu, Bali

Begitu saya masuk dari lobi Alila Villas Uluwatu, kolam renang sudah tampak menyambut saya di ujung lainnya. Letaknya diantara kolam dangkal dan laut serta birunya langit ditambah desainnya yang tanpa batas menyajikan lapisan-lapisan warna biru yang menyejukkan bagi mata saya. Ah saya tidak sabar untuk menceburkan diri.

Ketika waktunya tiba untuk bersantai di tepi kolam, saya terkesima dengan aksesoris di kanan kiri kolam berupa cabana-cabana kayu. Cabana terbesar, yakni Sunset Cabana seperti menyeruak keluar dari ujung kolam ke udara bebas menambah kekaguman para pengunjung hotel. Cabana dengan sofa-sofa nyaman, dan bantal-bantal berlapis kain batik indah ini seringkali dipenuhi tamu hotel. Alasannya jelas, dimana lagi Anda dapat menikmati keindahan Samudera Hindia langsung dari ketinggian 100 meter diatasnya, tentu saja lengkap dengan lantunan debur ombak setiap saat.

Persis di sisi kiri Sunset Cabana, terdapat kolam renang berukuran panjang 50 meter. Perusahaan arsitektur WOHA sengaja merancang kolam agar dari sudut-sudut tertentu batas antara laut, langit dan kolam menjadi kabur. Menakjubkan bukan? Saya segera mengambil posisi persis di depan kolam untuk mendapatkan pemandangan birunya air laut, kolam dan langit yang berpadu. Istimewanya lagi, Alila menyediakan keranjang piknik untuk tamu hotelnya yang berisikan air minum, kaca mata hitam, suncream, bronzing oil, face spritz dan iPod untuk menemani waktu di pinggir kolam.

Di antara waktu berenang saya terus menerus memesan beragam pilihan es krim dan sorbet Alila yang unik dan tidak ada duanya. Lawan teriknya matahari dengan dinginnya sorbet terong belanda, kemangi, raspberry white chocolate, sampai favorit saya, es krim ketumbar.  Surgawi! www.alilahotels.com/uluwatu

 

Marina Bay Sands, Singapura

Kolam renang Marina Bay Sands sudah menjadi perbincangan banyak orang sejak dibuka tahun 2010 kemarin. Ketika baru melangkahkan kaki keluar dari elevator tower 2 di lantai 57 hotel dan menemukan kolam renang yang dimaksud, saya tidak berhenti ternganga. Kolam renang seperti tampak tumpah ke langit yang dipenuhi gedung-gedung beton.

Kalau biasanya kolam renang infinity dirancang dengan menghadap laut, di hotel ini desainnya sengaja dibuat lain daripada yang lain oleh arsitek kenamaan Moshe Safdie. Letaknya pada ketinggian 200 meter dari permukaan tanah yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit menciptakan sensasi sendiri seperti berenang di angkasa terbuka tanpa ditutup jendela atau atap. Bentuknya yang memanjang berukuran 150 meter alias 3 kali lipat pool ukuran olimpiade menambah keistimewaan kolam ini. Pada ketinggiannya, kolam Marina Bay Sands ini menyandang gelar kolam renang infinity & outdoor terbesar di dunia.

Waktu terbaik untuk memandang keindahan kolam renang Marina Bay Sands adalah saat matahari terbenam sekitar pukul 18.30-19.00. Anda akan punya banyak waktu untuk melihat dengan jelas kerumunan bangunan-bangunan tinggi di saat matahari masih terang, dan ketika perlahan-lahan matahari turun dibalik hutan beton, langit menjadi jingga dan lalu keajaiban lampu-lampu yang menerangi gelapnya langit Singapura menjadi sensasi sendiri ketika dinikmati dari kursi santai setengah tenggelam di dalam kolam renang. Temani dengan The Hot Deck, signature cocktail Marina Bay Sands yang terbuat dari campuran tequila, buah persik, dan jahe, untuk awal dari malam panjang yang sempurna. www.marinabaysands.com

 

The Oberoi Udaivilas, Udaipur

The Oberoi Udaivilas di Udaipur, India tidak saja memiliki satu kolam renang, tapi paling sedikit ada empat yang bisa pengunjung hotel kunjungi; kolam utama, kolam spa, kolam semi pribadi dan kolam pribadi. Main pool adalah kolam utama yang berada di tengah-tengah hotel seluas 12 hektar ini. Kolam ini begitu indah karena dikelilingi taman yang dirancang Bill Bensley seperti layaknya taman milik istana kerajaan Mewar jaman dulu dengan patung-patung gajah dan tanaman bunga kupu-kupu. Tradisi kerajaan Mewar yang banyak melibatkan air menginspirasikan hotel ini penuh dengan air mancur sampai kolam renang dimana-mana.

Pengalaman berenang di Udaipur tentu saja kurang sempurna tanpa ditemani Danau Pichola. Dan disitulah peran spa pool Oberoi Udaivilas, letaknya di lokasi hotel yang lebih tinggi dari danau menciptakan pemandangan danau yang menawan dari balik kolam. Lanjutkan pengalaman yang menenangkan ini dengan berbagai pilihan perawatan spa persis di ruangan spa sebelah kolam. Tubuh dan jiwa Anda akan terasa segar tanpa beban setelahnya.

Tergantung dari jenis kamar yang Anda booking, terdapat 19 kamar Premier Lake View Room yang dilengkapi kolam renang semi pribadi. Berbeda dengan kolam pribadi yang biasanya berukuran minimalis dan hanya berfungsi sebagai plunge pool, kolam semi pribadi ini berukuran 86 meter dari ujung ke ujung. Kolam tetap terasa luas, tanpa privasi yang terganggu oleh seluruh pengunjung hotel karena kolam ini hanya dibagi dengan 9 kamar lainnya. Tiap tamu tetap memiliki terasnya sendiri dengan bangku berjemur yang terpisah dari milik kamar sebelah. Bersantailah kapan saja disini dengan ketenangan Danau Pichola persis di depan mata seperti layaknya seorang Maharaja www.oberoihotels.com (Kenny Santana)

Artikel ini pernah dimuat di Best Life Indonesia.

TOPICS:

Comments (0)

There are currently no comments

Send Your Comment

required

required (not published)

optional