HEMAT AKOMODASI TRAVEL DENGAN AIRBNB

Belum banyak yang familiar dengan Airbnb.com di Indonesia biarpun sampai saat ini sistem penyewaan properti untuk traveling ini sudah mencapai 11 juta orang dengan jumlah akomodasi di 192 negara dan lebih dari 600.000 pilihan kamar. Bagaimana tips terbaik menggunakan Airbnb? Saya berbagi trik menggunakan Airbnb.

Mencari properti

Setelah sign up (anggota baru bisa daftar di www.airbnb.com/c/ksantana untuk mendapatkan voucher $25) dan login, untuk mencari listing di destinasi liburanmu, masukkan kota tujuan dan tanggal yang diinginkan, serta jumlah orang yang akan tinggal. Hasil properti yang available di kota dan tanggal yang diinginkan lengkap dengan foto-fotonya akan muncul di situs Airbnb untuk dipilih. PR berikutnya adalah memilih properti yang sempurna untuk trip kamu.

 

Memberi parameter

Cara paling sederhana untuk mencari properti sesuai keinginan adalah membatasi parameter pencari dari mulai harga maksimum per malam, lokasi, pilihan properti atau kamar pribadi atau tidak keberatan sharing kamar, sampai jumlah kamar mandi yang diinginkan serta amenities lainnya seperti fasilitas televisi, internet sampai AC! Misalnya kamu mencari apartemen di New York untuk 2 orang maksimum 100 dolar per malam di area Brooklyn, kamar mandi pribadi dan lengkap dengan televisi, internet dan AC, mesin pencari Airbnb akan memberikan pilihan sesuai permintaan.

 

Mengecek ulasan

Bagi saya yang paling penting dari memilih Airbnb adalah membaca ulasan-ulasan dari tamu sebelumnya. Kalau ada beberapa yang mengeluh soal lokasi atau kebersihan biasanya saya akan membatalkan niat untuk booking tempat tersebut. Pasti ada pilihan lain yang ulasannya sesuai keinginan. Saya juga selalu menyempatkan google terlebih dahulu area properti Airbnb tersebut dan mengecek street view yang seringkali tersedia di halaman akomodasi. Jika memungkinkan pilihlah properti yang memiliki foto lingkungan sekitar karena mungkin saja interiornya sempurna tapi ternyata lingkungan tetangga kurang aman. Gak mau kan?

 

Membandingkan beberapa listing

Jangan lupa membandingkan beberapa properti sekaligus sebelum memutuskan. Jika harga tidak berbeda jauh tapi properti A bisa ditempuh jalan kaki ke stasiun subway sedangkan properti B harus naik bus baru bisa lanjut ke subway, tentunya bisa jadi lebih efisien memilih properti A. Perbandingan amenities juga penting. Apakah tempat A dan B sama-sama memiliki wifi atau AC yang kadang kali tidak tersedia di semua properti. Jadi kirimlah beberapa message sebelum booking ke calon host Airbnb kamu untuk bertanya dan bacalah listing properti Airbnb itu sekali lagi sebelum memesan. Contoh simpelnya lagi, saya akan memilih listing yang memiliki mesin cuci apalagi jika traveling lama.

 

Final check

Sebelum membayar properti yang diinginkan, cek harga final setelah ditambahkan biaya tambahan dari Airbnb. Jangan sampai salah menuliskan jumlah tamu yang akan menginap karena di beberapa properti harga 1 orang  berbeda dari 2 orang. Pastikan juga jika kamu harus membatalkan bookingan karena satu dan lain hal, bagaimana sistem refund properti tersebut karena tidak sama satu dan tempat lain tergantung pemiliknya. Ada yang bisa memberikan full refund kecuali fee Airbnb jika dibatalkan 24 jam sebelum menginap, ada juga yang hanya memberikan pengembalian 50% itupun jika dibatalkan sebulan sebelum tanggal menginap.

 

Be a local!

Salah satu hal terbaik tinggal di Airbnb kamu akan merasakan tinggal di properti seperti layaknya warga lokal. Selain bisa bermain dengan binatang peliharaan si host, jika kamu sharing rumah atau apartemen dengan pemiliknya kamu akan dapat banyak masukan tempat-tempat menarik di destinasi tujuan yang mungkin tidak ada di buku panduan atau kadang bahkan diajak jalan bareng atau dimasaki menu lokal. Jadi jika sudah memesan akomodasi liburan dengan Airbnb, siap-siap saja untuk pengalaman menakjubkan! (Kenny Santana)

Artikel ini pernah dimuat di Getaway! Magz.

Bukan anggota baru Airbnb dan mau mendapatkan diskon $25? Email [email protected] untuk proses booking Airbnb yang diinginkan s/d 31 Oktober 2015 dan dapatkan diskon $25 dari bookingan untuk travel period s/d 31 Desember 2016 di atas $100.

TOPICS:

Comments (0)

rizki syena 6 years ago

Wah, Baru tau ada site airbnb.com ini. Mau liburan jadi ga was was lagi mau tinggal dimana. Trus bisa diukur pake budget kita sendiri. Keren. Must try^^

Reply

Fathia Uqimul Haq 3 years, 3 months ago

sayangnya airbnb masih harus pake CC dan aku belum afford cc huhu :(

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional