EMIRATES: BEST OF BOTH WORLDS

Beberapa waktu lalu saya terbang ke New York dan kembali dari San Francisco menggunakan salah satu maskapai terbaik di dunia, Emirates. Saat berangkat saya menggunakan kelas ekonomi dan kembali menggunakan kelas bisnis, berikut beberapa dari highlight dari pengalaman terbang tersebut. (Kenny Santana)

1. Inflight Entertainment

Yang paling menarik perhatian dari pengalaman menaiki Emirates biarpun itu di kelas ekonomi adalah personal in-flight entertainmentnya. Televisi di kelas ekonomi berukuran 12.1 inci, jauh lebih besar dari standar pesawat lain 10.9 inci. Sedangkan di kelas bisnis akan dimanjakan televisi ukuran 20 inci. Belum lagi program hiburan di kelas ekonomi dan bisnis yang ditawarkan dengan nama ICE adalah juara World’s Best Airline Inflight Entertainment selama 11 tahun berturut-turut. Bayangkan saja ada sekitar 2000 pilihan acara yang dapat dipilih. Tidak akan bosan di perjalanan sepanjang apapun! Jangan lupa, di kelas bisnis kenyamanan menonton ditambah dengan kehadiran noise canceling headphone.

2. Hot & Halal Meals

Makanan kelas ekonomi semewah kelas bisnis! Buktinya ada di Emirates. Penumpang kelas ekonomi mendapatkan kertas menunya sendiri dengan pilihan main course selain pembuka dan penutup. Selain pilihan minuman dari soft drink sampai wine, penumpang kelas ekonomi juga dapat menikmati sampanye dengan membayar sedikit tambahan. Pilhan yang menyenangkan. Selain semua makanan dihidangkan hangat termasuk sarapannya, yang juga penting penumpang beragama Muslim juga tidak perlu ragu memilih makanan karena semua menu di kabin Emirates disiapkan secara halal. Jenis makanan juga sering kali disesuaikan dengan area terbang, sehingga penumpang Asia akan mendapatkan pilihan Asia dan begitu untuk benua lain.

3. Langit-langit kabin

Setiap kali terbang dengan Emirates saya selalu menunggu-nunggu saat lampu kabin dimatikan dan penumpang siap tidur, karena di saat itulah panel langit-langit kabin di Emirates yang telah didesain khusus akan mengeluarkan cahaya bak bintang-bintang di langit. Tidur di pesawat menjadi lebih mengesankan pokoknya.

4. Flight video

Hal kecil yang juga berkesan di penerbangan Emirates adalah adanya live feed flight video yang dipasang di beberapa badan pesawat sehingga memberikan pandangan langsung ke penumpang apa yang terjadi di luar pesawat. Jangan lewatkan untuk menonton video ini terutama pada saat take off dan landing sehingga perasaan terbang di atas pemandangan alam atau kota menjadi lebih terasa.

5. Free wifi

Tidak perlu duduk di kelas bisnis untuk menikmati wi-fi cuma-cuma di Emirates. Memang yang diberikan hanya 10 MB secara gratis, tapi kalaupun ingin menambah dengan kuota 500 MB, kamu hanya harus merogoh kocek $1 alias Rp.13500 saja yang berlaku sepanjang penerbangan. Salah satu wifi termurah dalam pesawat yang pernah saya temui.

6. Dubai Connect

Penumpang Emirates dari kelas ekonomi sampai bisnis dapat menikmati fasilitas Dubai Connect yakni jika transit panjang dan memenuhi syarat (http://www.emirates.com/english/plan_book/essential_information/dubai-connect/dubai-connect.aspx) dapat menikmati visa, hotel, makanan dan transportasi gratis saat transit panjang di Dubai. Jangan lupa mengecek halaman tersebut jika transit lebih dari 6 jam untuk kelas bisnis dan 8 jam untuk kelas ekonomi. Saya sendiri saat transit di Dubai dari San Francisco mendapatkan visa, makan malam, inapan di hotel Le Meridien, serta layanan antar jemput ke bandara.

7. Complimentary Chauffeur

Sebelum pulang dari San Francisco dijemput private chauffeur, salah satu layanan Emirates kalau naik business dengan batas antar 60 miles. Dapat supir ini Ira namanya, yang sudah kerja 33 tahun sebagai chauffeur. Pas baru jemput sudah keliatan baiknya karena pas pamitan dengan keluarga, dia bilang ke saya "You can send one more goodbye". Kami ngobrol banyak di mobil dan waktu saya bilang ini pertama kali ke SF dia bilang nanti  diputerin biar bisa lihat three bridges. Ira juga masih sempat mencarikan trolley gratis buat saya di depan bandara (trolley bandara bayar oi di Amrik) biarpun tidak ketemu. Sebelum pisah saya menyempatkan memberi kartu nama sambil bilang kalau satu hari nanti dia berkesempatan ke Indonesia. I think one of the greatest joys of travel, you encounter these little moments, meet someone that blows your mind unexpectedly, dan biarpun baru kenal di perjalanan, perasaan waktu sampai di bandara kayak diantar sama seseorang yang sudah kita kenal lama. And then you go home with a smile a bit wider on your face.

8. Service 

Bagi yang pertama kali naik business class di Emirates akan menemukan kalau flight attendantnya selagi baru boarding akan menghampiri masing-masing penumpang untuk menanyakan apabila mereka pernah menaiki kelas bisnis Emirates. Apabila ini pertama kalinya, mereka akan menjelaskan fitur-fitur di kursi pribadi secara mendetil. Menurut saya cara ini sangat efektif sehingga penumpang yang biasanya segan bertanya menjadi lebih nyaman menikmati fasilitas bisnis dengan sebaik-baiknya.

9. Little details

Berikut adalah beberapa fasilitas kelas bisnis A380 Emirates mendetil yang lebih mengesankan dari yang lain. Storage yang sangat banyak di sisi kursi sehingga sangat memudahkan penumpang yang dapat meletakkan barang bawaan tepat di storage sebelah mereka. Salah satu fitur lain adalah keberadaaan mini bar pribadi di kursi yang telah diisi beberapa minuman dari mineral water Voss sampai soft drink dan jus. Karena hal ini, penumpang tidak perlu terus-terusan memanggil flight attendant jika berasa haus. Minuman yang kosong juga langsung digantikan yang baru. Selain itu saya juga menikmati amenities kit exclusivenya yang berisikan beragam toiletries dari Bvlgari.

10. A380 Lounge

Yang membedakan Emirates A380 dari airlines lain di kabin Business dan First adalah their iconic A380 Onboard Lounge yang spacious enough untuk meregangkan tubuh dan kaki di long flight sambil nyemil pilihan snack savory atau sweet atau memesan minuman yang diracik langsung di barnya atau bahkan berbincang dengan sesama penumpang. Di penerbangan kemarin malah jadi mengobrol juga dengan pramugari asal Brazil, terus malah sempat memberi beberapa rekomendasi soal Bali ke salah satu pramugarinya yang berencana ke sana. Nah saat sedang bercengkerama, seatbelt sign tiba-tiba menyala dan saya yang tadinya berencana kembali ke kursi pribadi baru sadar kalau di kursi A380 lounge ini memiliki personal seatbelt untuk beberapa penumpang yang sedang berada di lounge. Like!

 

Baca petunjuk di artikel ini dan menangkan merchandise Emirates dengan mengikuti kuisnya di Twitter @KartuPos dan Instagram @KartuPosInsta sewaktu-waktu mulai 18 Agustus 2015 sampai merchandise habis!

 

 

TOPICS:

Comments (0)

milly tisna 5 years, 6 months ago

Like it, the information detail and clearly..wish one day I can be travell like u do. One of my premium dreams. GBU

Reply

Gunadi lukas 5 years, 6 months ago

20 inci

Reply

Rayhan 5 years, 6 months ago

12.1 inch @arknsh

Reply

Ahmad Jamal 5 years, 6 months ago

TV utk Kelas Bisnis adlh 20 Inch

twitter: @katysmvse

Reply

Gunadi lukas 5 years, 6 months ago

20 inci @gunadi_gunz

Reply

Antonius Lukito 5 years, 6 months ago

12.1 inch @xaverius8535

Reply

Rahmat Dhani 5 years, 6 months ago

20 inchi
@rahmatdhani

Reply

Ahmad Riyanto 5 years, 6 months ago

20 inchi di kelas bisnis

Reply

Dessy 5 years, 6 months ago

20 inci

Reply

martinus raynaldo 5 years, 6 months ago

12,1 inchi

Reply

MaliaFredP 5 years, 6 months ago

12.1 inch @MaliaFredP

Reply

dian nika 5 years, 6 months ago

20 inci. TWITTER :@DIANNIKAA

Reply

martinus raynaldo 5 years, 6 months ago

12,1 inch @black_dosi

Reply

Charles 5 years, 6 months ago

20"

Twitter: @charllz

Reply

siti hardiyanti 5 years, 6 months ago

Televisi dengan inch 12.1
Twitter: @bugisinezia

Reply

Annissa Maulina 5 years, 6 months ago

Ukuran TV di kelas bisnis Emirates adalah 20 inci. Twitter ID: @nissamaulina

Reply

ArthaTambunan 5 years, 6 months ago

TV 20 inch

Reply

Namora 5 years, 6 months ago

20Inci - @namillows

Reply

Efa nurfitriana 5 years, 6 months ago

12.1 inci @efanurfitriana

Reply

Armylia 5 years, 6 months ago

20 inch . @n_armylia

Reply

Nabilah 5 years, 6 months ago

20 inch

@nabilah501

Reply

ArthaTambunan 5 years, 6 months ago

TV 20 inch; @ArthaTambunan

Reply

diyan 5 years, 6 months ago

Di kelas bisnis TV 20 INCH
TWITTER: @nurulhrdyntii

Reply

teguh 5 years, 6 months ago

12.1 inc
@tth2511

Reply

dyas 5 years, 6 months ago

20 inch
twitter @dyasisme

Reply

Dini 5 years, 6 months ago

20 inch di kelas bisnis

Reply

Novi 5 years, 6 months ago

20 inch
@gietatu

Reply

Dini 5 years, 6 months ago

20 inch @iddinia

Reply

Almasrizal 5 years, 6 months ago

20 inch @AlRiver1

Reply

Andrawina 5 years, 6 months ago

20 inch @wina_ronan

Reply

Jajang Firmansyah 5 years, 6 months ago

TV 20 Inch
ID Twitter : @_JFirmansyah

Reply

Julius Fernando @Jule574 5 years, 6 months ago

Ukuran TV di kelas Bisnis @Emirate adl 20 inci.

Reply

Heksa 5 years, 6 months ago

20 inch! @chalintang in twitter

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional