BRISBANE: GOING SOUTH BANK

Berbeda dengan Sydney atau Melbourne yang selalu dituju pengunjung saat mengunjungi Australia, Brisbane masih dianggap kota kelas dua, padahal begitu banyak yang ditawarkan kota ini. Saya menjelajah area South Bank dan memberi rekomendasinya.


The Wheel of Brisbane

Salah satu ikon South Bank Brisbane yang paling terkenal adalah The Wheel of Brisbane yakni kincir raksasa yang akan membawa pengunjung untuk mengagumi kota Brisbane dari ketinggian sampai 60 meter di puncak dengan waktu sekitar 10-12 menit untuk beberapa putaran menggunakan satu tiket. Atraksi macam ini baiknya memang dialami sewaktu matahari terbenam sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan kota dari dua sisi terang dan gelap. Saya pribadi lebih menyukai pemandangan Brisbane di malam hari dengan lampu dari gedung-gedung tinggi berpadu dengan sungai yang memantulkan cahayanya. Cantik sekali.

 

Streets Beach

Bagian paling menarik dari South Bank bagi saya adalah Streets Beach yakni pantai buatan yang dibuat persis di samping sungai sehingga berkesan menghadap laut lepas langsung. Setiap kali saya berjalan melewati area ini terutama akhir pekan selalu dipenuhi orang baik itu turis maupun warga lokal dengan keluarga mereka. Kawasan sekitar Streets Beach memang menyenangkan dengan banyaknya alam terbuka dengan pepohonan asli dan lagoon buatan serta burung-burung yang ada di sekitarnya. Pengunjung seperti dibawa ke suasana pantai sesungguhnya. Kalau kehausan atau lapar karena udara yang terik, banyak toko dan kafe bertebaran di sekitar yang patut dikunjungi.

 

Weekend Market

South bank semakin meriah pada akhir minggu ketika ada weekend market. Jalanan yang nampak sepi pada hari biasa sekarang dipenuhi dengan tenda-tenda yang menjual beragam jenis belanjaan, dari kaos dengan motif yang tidak ada di toko-toko lain, aromatherapy buatan rumah sampai bermacam makanan disuguhkan. Terdapat pula kedai pijat dadakan buat yang ingin melemaskan otot setelah berjalan seharian. Biarpun tidak berniat berbelanja, berjalan menyusuri weekend market ini merupakan pengalaman tersendiri.

 

Sweet Treats

Buat penggemar yang manis-manis, South Bank tidak kekurangan beragam pilihan. Dari kafe terbuka memandangi sungai, kios-kios kecil menghadap jalan sampai buat pecinta dessert seperti saya harus mengunjungi tempat-tempat ini. Nitrogenie adalah kedai es krim menggunakan teknologi liquid nitrogen yang sekarang juga mulai populer di Indonesia. Untuk produknya, Nitrogenie tidak menggunakan bahan kimia sama sekali melainkan hanya susu, telur dan bahan alami lainnya. Dengan rasa-rasa inovatif seperti Turkish Delightful yakni rose water vanilla ice cream dengan potongan Turkish delight, salted caramel popcorn, lemon meringue, brandy vanilla yang berubah-ubah tiap harinya, pengunjung dijamin akan balik dan balik lagi untuk merasakan kenikmatan Nitrogenie yang lembut di mulut serta menawarkan kejutan bagi indera perasa. Misalnya saja Turkish Delightful yang membawa keharuman bunga mawar digabungkan dengan kekenyalan penganan khas Turki atau salted caramel popcorn manis asin ditambah dengan gurihnya popcorn menciptakan sensasi sendiri. Saking enaknya, hampir tiap hari saya kembali ke Nitrogenie.

Buat yang suka chocolate, jangan lupa juga mampir ke Chocolateria San Churro yang menyuguhkan segala macam berbau coklat dari flourless chocolate cake, churros, sugar free hot chocolate sampai signature Spanish-style thick hot chocolate. Ah surgawi benar tempat ini.

 

Gallery of Modern Art

South Bank memiliki area budaya yang memiliki beberapa museum diantaranya Gallery of Modern Art, galeri koleksi seni modern paling besar di Australia. Tanpa harus membayar tiket masuk sepeserpun, pengunjung dapat menikmati koleksi seni modern yang menarik dari karya kaum aborigin sampai kontemporer Australia maupun internasional. Jangan lewatkan karya aborigin di lantai dasar untuk melihat keindahan lukisan di tembikar, instalasi seni tentang hubungan yang kelam antara negara ini dan penduduk aslinya di masa lalu, lukisan raksasa yang menggantung di dinding serta banyak lagi. Ikuti tur cuma-cumanya yang dipandu guide untuk dapat mengerti cerita di balik tiap karya seni. (Kenny Santana)

 

Where to Stay

Mantra South Bank memiliki lokasi yang strategis di South Bank karena dikelilingi oleh kafe, sejarak jalan kaki ke pusat keramaian dimana The Wheel of Brisbane dan Streets Beach berada. Selain itu konsepnya sebagai serviced apartment menjadikannya akomodasi nyaman dan luas lengkap dengan kitchenette yang akan sangat berguna apalagi buat yang tinggal berhari-hari. www.mantra.com.au

Getting Around

Karena dikitari sungai Brisbane kota ini memiliki moda transportasi umum dengan kapal. Gunakan kapal CityCat untuk yang ingin sampai lebih cepat karena frekuensinya yang lebih sering, tapi jika kamu memiliki banyak waktu bisa juga menggunakan CityHopper yang dengan luar biasanya gratis untuk semua orang. Nikmati keindahan kota ini dari sungainya dengan fasilitas kapal ferry ini: www.brisbaneferries.com.au

 

Everything About South Bank

Dari River Quay yang dipenuhi restoran baru, butik-butik kecil di Little Stanley sampai Grey Street dengan jajaran the State Library of Queensland, Queensland Performing Arts Centre, dan the Queensland Conservatorium, South Bank tidak pernah kekurangan kegiatan. Untuk informasi segala sesuatu mengenai area ini, situs ini lengkap memuatnya: www.visitsouthbank.com.au

Artikel ini pernah dimuat di CLEO Indonesia.

TOPICS:

Comments (0)

There are currently no comments

Send Your Comment

required

required (not published)

optional