APLIKASI "OFFLINE" MEMPERMUDAH PELESIR

Saat berpelesir di luar negeri, sering kali kita tidak selalu memiliki koneksi internet. Alasannya macam-macam, antara lain mahalnya biaya SIM card baru atau paket data.

Namun, kini, sudah banyak aplikasi traveling yang tidak memerlukan penggunanya untuk selalu online. Jadi, selain berguna membantu perjalanan supaya lebih lancar, aplikasi-aplikasi ini pastinya lebih hemat di kantong.

 

CityMaps2Go

Banyak aplikasi peta untuk penunjuk jalan selagi bepergian yang cenderung selalu menggunakan GPS yang memerlukan koneksi data. Nah, kelebihan CityMaps2Go adalah penggunaannya yang bisa dilakukan secara offline. Setelah mengunduh kota tujuan di aplikasinya yang bisa diperoleh gratis untuk 5 destinasi saja, atau Pro (dengan lebih pilihan kota tidak terbatas dan panduan WikiGuide) seharga 2,99 dollar AS, pelancong bisa langsung menggunakan aplikasi ini untuk menemukan tempat tujuan mereka. 

Setelah mendapatkan spot yang dituju dalam peta, pengguna bisa melihat berapa jauh jarak serta arah antara dirinya dengan destinasi tersebut. Bukan itu saja, pengguna akan mendapat informasi apa saja yang ada di sekitar titik tujuan, dari atraksi wisata sampai restoran bahkan stasiun transportasi umum untuk kemudian diperbesar gambarnya sebagai pemandu jalan antara tempat-tempat tersebut. Karena tidak menggunakan koneksi data, CityMaps2Go tidak memberikan panduan realtime seperti peta online, tetapi aplikasi ini lebih berfungsi seperti peta kertas, tentunya dengan fitur-fitur lebih. 

Setelah mencari tempat wisata di peta, pengguna dapat menandai lokasinya tersebut dengan pin untuk dilihat lagi kemudian, serta memudahkan melihat jarak antar dua tempat yang ditandai. Jika membutuhkan hotel mendadak, aplikasi ini juga menyediakan rekomendasi hotel melalui database Booking.com beserta ulasannya yang hanya tersedia saat ada koneksi internet.

 

Triposo

Kalau ada sebuah panduan untuk diunduh sebelum menjelajah dunia buat kemudian dimanfaatkan lagi saat offline, Triposo mungkin salah satu yang terbaik. Alasannya sederhana, setelah diunduh gratis, Triposo memberikan banyak kelebihan supaya pelancong mengenal destinasi lebih dekat dengan foto-foto yang menarik, artikel latar mengenai negara yang akan dituju, hal-hal highlight yang dapat dilakukan di sana, sampai info lengkap mengenai obyek-obyek wisata yang ada dari jam buka sampai harga tanda masuk.

Triposo juga memberikan opsi letak tujuan wisata tersebut dalam peta negara. Belum lagi info-info “kecil”, tetapi berguna seperti phrase book serta perhitungan kurs mata uang negara yang dituju. Tersedia lebih dari 60 negara untuk diunduh dan kemudian dibaca tanpa perlu koneksi internet. Dengan Triposo, pelancong seperti membawa buku panduan dalam genggaman kapan saja di mana saja. Saat tersambung lagi dengan internet, pelancong dapat membagi tips dari tempat-tempat yang telah dikunjungi di Triposo lewat media sosial ke teman-temannya.

 

Jibbigo

Bagi yang ragu-ragu untuk bepergian jauh karena tidak fasih bahasa di negara yang dituju, sekarang sudah ada Jibbigo yang bisa diunduh di iOS dan Android secara cuma-cuma. Jibbigo memiliki lebih dari 20 bahasa dunia dan dapat menerjemahkan teks ataupun audio. Pengguna dapat mengetik langsung kalimat yang ingin diterjemahkan dan Jibbigo akan menerjemahkannya dalam bentuk teks, dan yang paling penting juga audio untuk memudahkan pelafalan yang benar. Selain itu, pengguna bisa langsung menggunakan suara sendiri untuk langsung diterjemahkan dalam bentuk teks dan audio.

Namun, dalam beberapa kali penggunaan, kata-kata yang diucapkan tidak ditangkap dengan jelas oleh aplikasi sehingga jadi pilihan mengetik sendiri teks yang ingin diterjemahkan tetap lebih baik. Selain itu, belum banyak pilihan dari bahasa Indonesia ke bahasa asing, jadi sebaiknya Anda gunakan pilihan bahasa Inggris ke bahasa lain.

Jibbigo bisa diunduh terlebih dahulu oleh pelancong sebelum berangkat ke negara tujuan sehingga di destinasi tidak perlu mencari koneksi internet demi menggunakan jasa penerjemah gratisan ini.

 

Aplikasi “offline” berguna lainnya

Begitu banyak uang yang keluar pada waktu kita bersenang-senang liburan, tapi sering kali saat selesai perjalanan banyak yang lupa mencatat detilnya. Untuk itu, aplikasi Expensify membantu dalam mencatat seluruh pengeluaran yang mudah dibaca saat diperlukan. Selagi online, pengguna dapat memanfaatkan fasilitas SmartScan yang bisa memfoto bon pengeluaran untuk kemudian dipindai oleh aplikasi buat dihitung ke dalam pengeluaran.

TripCase menyimpan semua dokumen penerbangan, akomodasi, catatan itinerary, dan banyak lainnya dalam satu aplikasi untuk dapat diedit dan digunakan kembali saat offline. Untuk melihat kurs mata uang asing, XE Currency akan menyimpan update terakhir dari waktu online untuk kemudian dapat berfungsi saat offline. 

Salah satu alasan untuk tidak menggunakan paket data selagi traveling adalah biaya. Oleh karena itu, ada aplikasi Free Wi-Fi Finder yang dapat membantu penggunanya mencari koneksi yang tersedia di destinasi sehingga keperluan akan internet dapat terpenuhi tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. (Kenny Santana)

Artikel ini pernah dimuat di Kompas Klass.

TOPICS:

Comments (0)

dhiliciouz 2 years, 7 months ago

thanks ka Kenny buat artikelnya langsung donlot :)

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional