TIPS SINGKAT APPLY VISA BERBAGAI NEGARA

Sudah banyak informasi cara aplikasi visa berbagai negara di banyak blog. Kali ini saya mau memberikan tips singkat sebelum kamu apply visa negara tertentu. Semoga membantu! (Kenny Santana)

Amerika

Satu hal yang saya tanya kalau ada yang mau aplikasi visa Amerika adalah status kerja mereka. Pastikan kamu sudah bekerja setidaknya setahun sebelum berniat untuk apply US visa ini karena pertanyaan yang pasti ditanyakan saat wawancara adalah, “Kerja di mana?” “Sudah berapa lama?” dan “Mau apa ke Amerika?” Saya pernah ditolak di tahun 2006 karena baru bekerja selama 10 bulan. Selain itu, untuk amannya sebaiknya applicant sudah memiliki visa-visa negara lain saat melakukan aplikasi visa Amerika.

Kanada

Akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki visa Amerika karena di formulir akan ditandai jika kamu pemilik visa Amerika. Situs mengenai visa Kanada agak menjelimet, salah satu yang paling penting untuk diingat adalah melakukan proses pembayaran terlebih dahulu dengan bank draft sebelum datang apply visa karena mereka tidak menerima pembayaran dengan cash atau transfer. Paspor juga sebaiknya yang masih lama berlakunya, karena kedutaan Kanada seringnya memberikan visa dengan masa berlaku sampai sehari sebelum masa paspor berakhir.

Brazil

Salah satu proses aplikasi visa paling mudah adalah di kedutaan Brazil dan dipastikan 5 hari kerja jadi. Tapi sebelum melakukan aplikasi pastikan rekening tabungan saat aplikasi ada di atas Rp. 50 juta karena hal ini sempat ditanyakan oleh pihak pewawancara.

Schengen/Eropa

Proses paling mudah buat aplikasi visa Schengen adalah di kedutaan Prancis karena waktu kerja yang relatif cepat selama 3 hari kerja, harga lebih murah karena tidak menggunakan jasa pihak ketiga dan kalau kamu sudah pernah memiliki visa Schengen sebelumnya, kemungkinan mendapatkan multiple entry visa sangat besar.

United Kingdom

Semua dokumen berbahasa Indonesia harus diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan proses minimum 15 hari kerja karena paspor dikirim ke kedutaan Inggris di Manila. Pastikan apply jauh hari dan siapkan dokumen terjemahan sebelum melakukan aplikasi.

Australia

Sudah lebih mudah untuk aplikasi visa Australia sekarang ini dibandingkan bertahun-tahun yang lalu. Kalau paspor kamu sudah lumayan banyak jejak berjalan-jalan, coba saja apply multiple entry visa karena Australia lumayan royal memberikan 1, 2 atau 3 tahun masa berlaku visa.

Selandia Baru

Untuk yang berlibur keluarga, Selandia Baru adalah salah satu negara yang memberikan fasilitas visa satu harga untuk satu keluarga termasuk suami/isteri dan anak. Jadi kalau memang berniat liburan ke Selandia Baru sebaiknya sekaligus apply untuk sekeluarga, biaya jadi bisa dihemat!

Jepang

Kalau hanya ingin mengunjungi Jepang kurang dalam 15 hari, baiknya menggunakan fasilitas visa waiver bagi pemilik e-paspor. Sedangkan bagi yang sudah pernah ke Jepang beberapa kali, coba apply multiple entry visa. Seperti saya pada kunjungan ketiga ke Jepang, kedutaan Jepang memberikan 5 tahun visa dengan batasan 30 hari per visit.

Taiwan

Jika kamu sudah memiliki visa negara-negara Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, United Kingdom dan Schengen yang masih berlaku bisa memasuki negara Taiwan selama 30 hari tanpa apply visa dengan mendaftar terlebih dahulu di http://www.immigration.gov.tw/mp.asp?mp=2 Kalau ada visa selain Australia yang paperless, lebih baik menggunakan visa yang ada di paspormu. Kalau hanya ada visa Australia, pastikan bawa kertas yang diberikan oleh embassy.

India

Bagi yang ingin ke India, mulai 2012 kemarin, pendaftaran visa harus dilakukan online melalui http://www.indianembassyjakarta.com/index.php/obtain-visa-2. Mereka yang datang langsung tanpa pendaftaran online tidak akan diterima oleh embassy.

Korea Selatan

Buat yang ingin ke Korea dan tidak memiliki bookingan tiket pesawat dan hotel, tidak perlu takut. Sejak akhir 2014 kemarin pihak kedutaan tidak mewajibkan lampiran bookingan tiket pesawat dan hotel (baca: http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp) Kabarnya sekarang agak sedikit lebih sulit untuk mendapatkan visa Korea karena banyaknya aplikasi, dengan tidak perlunya bookingan tiket pesawat dan hotel ini, kalian bisa apply visa dulu sebelum membeli tiket yang seringkali tidak bisa direfund.

Rusia

Poin paling tricky kalau ingin mengajukan visa ke Rusia adalah visa support yang bisa dibeli online sebenarnya di www.expresstorussia.com. Tapi kalau mau menghemat biaya visa support, cari hotel yang bisa memberikan visa support secara cuma-cuma. Biasanya saya menggunakan hotel dari grup Accor yang dapat memberikan dokumen ini asalkan hotel sudah dibayarkan penuh. Info visa Rusia lain bisa dicek di https://visa.kdmid.ru

Kuba

Salah satu visa paling mudah, karena hanya perlu email ke kedutaannya di Jakarta via [email protected] lalu mereka akan memberikan persyaratan yang dibutuhkan, email kembali, lalu sekitar 7 hari kemudian, visa/tourist card tersebut bisa diambil di kedutaannya dengan membawa dokumen-dokumen yang pernah kita email tersebut.

 

 

TOPICS:

Comments (0)

lian 3 years, 7 months ago

Apply visa ke UK apakah harus minimal deposit 50 jt juga di dalam tabungan? Thanks for help

Reply

Kenny 3 years, 7 months ago

Setahu aku tidak perlu, cuma aku gak tahu kepastian berapa min rekeningnya.

Reply

Neta 3 years, 7 months ago

amannya 60 juta kata orang kedutaannya, tapi saya kemarin hanya 45 jt di tabungan bisa, karena sudah ada tiket PP. Selamat berburu visa :)

Reply

lillye 3 years, 7 months ago

Dimana bisa mendapatkan jasa penerjemah dan sudah diakui?

Reply

ara 3 years, 3 months ago

sworn translator
Asmansyah & Partners
Grand Wijaya Centre G-7
phone : 0217221868

Reply

Dwitri 3 years, 4 months ago

Betulkah kalau sudah punya visa Amerika, tak perlu apply visa Kanada lagi jika ingin berkunjung ke sana? Thanks.

Reply

Kenny Santana 3 years, 2 months ago

Tetap harus apply visa Kanada secara terpisah.

Reply

ara 3 years, 3 months ago

jasa penterjemah tersumpah atau biasa disebut sworn translator ada di :
Asmansyah & Partners
Grand Wijaya Centre G-7
phone : 021-7221878

Reply

Janti 3 years, 2 months ago

Apply UK visa kalo gak pake deposit tp ada invitation letter dari suami yg berkewarganegaraan inggris,,bisa? Thx

Reply

Kenny Santana 3 years, 2 months ago

Saya kurang tahu, lebih baik cek lgs ke kedutaan/travel agen ya

Reply

Shienita 3 years, 2 months ago

Hi mau tanya, kalau visa taiwan yg elektronik, syaratnya itu punya visa jepang. Visa jepang waiver bisa juga kan ya?

Reply

Kenny Santana 3 years, 2 months ago

Wah saya kurang yakin, sepertinya sih gak bisa ya. Tapi baiknya cek ke travel agen/kedutaan.

Reply

Felicia 2 years, 9 months ago

Hi.. mau tanya, kalau saya kan mau buat visa canada untuk liburan dan mengunjungi keluarga (jadi ada invitation letter). Tapi saya juga mau ke Amerika untuk liburan tapi hanya beberapa hari.
Apakah saya perlu mengajukan visa Amerika lewat jalur normal juga? Karena tujuan utama nya kan ke canada.
Terima kasih buat bantuannya.

Reply

Kenny Santana 2 years, 6 months ago

Tetap harus apply visa Amerika normal

Reply

firas maudy triyasari 2 years, 7 months ago

hi mau Tanya, kalau visa Australia minimal deposit berapa ya? makasih

Reply

Kenny Santana 2 years, 6 months ago

Wah saya kurang tahu kalau soal deposit, biasanya ga ada patokan cuma dilihat memang cukup buat traveling di sana gak

Reply

Srh 2 years, 1 month ago

Hi,
Mau tanya, kalau ke Kanada butuh deposit nggak ya? Kalau butuh, minimal berapa?
Kemudian, untuk apply visa baiknya berapa bulan sebelum departure ya? Karena saya hanya ke Kanada untuk kurang lebih 2 minggu aja.

Thanks.

Reply

Hans 1 year ago

Hi! saya mau info untuk visa exemption ke Taiwan, visa US/UK/Schengen/Japan masih bisa dipakai untuk apply visa exemptionnya sampai 5 tahun dari tanggal issued meskipun validitynya sudah habis :)

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional