SEOUL YANG BEDA

Apa saja tempat-tempat berbeda yang menarik untuk dikunjungi di Seoul dan bukan melulu itu-itu saja? Dari perjalanan KartuPos bersama PandaBed baru-baru ini di program Best Internship 2015, berikut adalah beberapa favorit di Seoul untuk merasakan #RealAsia. (Kenny Santana)

1. Salah satu kafe paling mengesankan yang pernah saya kunjungi di Seoul karena berbeda dengan kafe hip pada umumnya, Namusairo ini mengambil lokasi di rumah tradisional Hanok dengan pondokan di luar atau loteng kecil di dalam.

2. Dongdaemun Design Plaza yang didesain oleh arsitek kenamaan Zaha Hadid menjadi pusat pertemuan banyak anak muda Seoul karena menjual banyak barang-barang desain di dalamnya, serta memiliki bangunan yang mencengangkan dari berbagai sisi.

Inside Zaha Hadid's stunning new Seoul landmark. #Seoul #pandabed #bestinternship2015 #realasia

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on Oct 25, 2015 at 3:54am PDT

3. Tidak jauh dari pusat kota Seoul, tidak banyak pelancong yang mengunjungi Seunggasa Temple, saat saya ke sana hanya ada beberapa warga lokal yang hiking ke atas. Pemandangan kota Seoul di atas serta ketenangan yang diciptakan dari wihara dengan latar belakang daun musim gugur menjadikan perjalanan ini tidak terlupakan.

Autumn in Seunggasa Temple. #Seoul #pandabed #bestinternship2015 #realasia

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on Oct 23, 2015 at 7:01am PDT

4. Kunjungan ke Korea tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat permandiannya. Kalau banyak turis memilih Dragon Hil, warga lokal menyukai Siloam yang lebih otentik.

Setelah pertama kali cobain Korean bath house di Busan 2 tahun lalu, jadi nagih emang. Dulu awalnya emang canggung harus telanjang pas masuk bagian pemandian, tapi karena semua orang cuek yawis lah ya, wong isinya ada kakek dan anak kecil segala. Tadi akhirnya nyobain yang di Seoul, yang terkenal ada 2 Dragon Hill sama Siloam ini. Dragon Hill udah sangat touristy katanya jadi teman rekomen Siloam ini. Mirip lah sama yang di Busan konsepnya, ada pemandian dengan berbagai kolam dengan suhu, tekanan air dan campuran yang beda (garam, lumpur, dsb). Sekarang sudah lebih terlatih gak terlalu canggung telanjang bersama orang banyak. Terus dari mandi baru lanjut ke ruangan2 sauna dengan beragam tipe dari oxygen room, salt room, ice room, ruang tidur, terus yang isi batu-batuan hangat juga (my favorite) sampai snorer's room buat yang ngorok kali ya. Kalau di pemandian jenis kelamin ga dicampur, di sauna ini sudah pakai baju yang sudah disediakan dan dicampur laki dan cewek dan ada free wifi, makanan minuman yang bisa dipesan. Kalau ke Korea lain kali jangan lupa ke bath housenya ya, it's an experience. Yang malu telanjang sama teman seperjalanan ya pergi ke saunanya sendiri-sendiri aja lah. #Seoul #pandabed #bestinternship2015 #realasia

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on Oct 24, 2015 at 7:19am PDT

5. Ada banyak butik dan concept store di Seoul, tapi dari dulu Aland menjadi favorit saya, karena barang-barangnya yang terpilih dan up-to-date. Tersedia banyak pilihan butik Aland baik untuk pria maupun wanita, tapi yang lebih mengesankan ada Aland Outlet dengan harga lebih murah di area Hongdae.

6. Okeh, Nami Island mungkin tidak harusnya termasuk dalam itinerary Seoul yang berbeda, tapi saya tahu tips bagaimana mengunjungi pulau ini bebas dari kerumunan wisatawan. Hindari datang dengan shuttle bus, tapi pergi dengan kereta/subway sepagi mungkin untuk waktu di Nami untuk sendiri. Area belakang dengan pemandangan ke arah sungai juga notabene lebih sepi dibanding bagian lain.

Not-winter-yet sonata. #Nami #pandabed #bestinternship2015 #realasia

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on Oct 25, 2015 at 10:18pm PDT

7. Sementara membahas Nami Island, jika ada kuliner paling mengesankan selama saya di Seoul adalah Korean chicken barbeque yang saya nikmati persis di restoran setelah turun dari kapal ferry meninggalkan Nami. Jangan sampai melewatkan menu satu ini!

TOPICS:

Comments (0)

fanny fristhika nila 1 year, 11 months ago

catet dulu semuanya... ntr baru dipilih yg mana yg dimasukin ke itin Korea utk thn depan :D

Reply

Nur Aulia 1 year, 6 months ago

Waah, thanks rekomendasi tempat-tempat di Seoul yang antimainstreamnyaa hhi. Kebetulan akan pergi ke Seoul juga dalam waktu dekat ini :)

mampir juga ke blog saya nurauliaaa.wordpress.com hhe

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional