MENGENAL HOME SHARING PANDABED

Baru-baru ini @KartuPos mencobai situs home-sharing baru bernama PandaBed saat diundang mengikuti program Best Internship 2015 di Seoul. Apa saja keuntungan travelers menggunakan PandaBed, berikut beberapa diantaranya. (Kenny Santana)

1. Dari namanya, PandaBed memang berfokus pada pangsa pasar Asia. Dari situsnya www.pandabed.com traveler dapat memilih akomodasi liburan baik itu rumah, apartemen ataupun guest house di lebih dari 30 kota utama di Asia. Harganya tentu saja lebih bersahabat dibanding hotel pada umumnya. Contohnya saja saya mendapatkan apartemen 2 kamar di Seoul (book di sini) yang dapat memuat empat orang di area Itaewon hanya dengan $90 per malamnya.

2. Yang membedakan PandaBed dari situs home sharing lainnya adalah kemampuan mencarikan 'rumah' di destinasi liburan dengan host sesuai keinginan. Saat booking, traveler diminta mengisi kuesioner untuk menentukan preferensi mereka dari jenis kelamin, umur, hobi sampai kebutuhan makanan yang diperlukan. Dengan konsep PeerMatch ini diharapkan host dan guest menjadi lebih cocok satu sama lainnya karena sudah disaring terlebih dahulu sebelum tinggal bersama.

3. Dengan tinggal di rumah-rumah penduduk lokal yang sebenarnya, pengguna PandaBed diharapkan merasakan apa yang dialami para host ini sendiri. Kunjungan bak ke rumah teman sendiri ini ditambah rekomendasi tempat-tempat dari mereka menciptakan pengalaman liburan #RealAsia yang tidak terlupakan.

4. Bicara soal pengalaman tinggal di PandaBed, saya mendapatkan host yang memikirkan hal-hal kecil dari saat kedatangan di bandara sampai meninggalkan apartemen. Lokasi apartemen diinformasikan jelas melalui pdf file yang dikirim setelah booking terkonfirmasi dengan rute transportasi umum dari bandara Incheon. Bahkan sang host juga menyediakan jatah taksi penjemput jika diperlukan. Di dalam rumah terdapat instruksi penggunaan alat-alat elektronik yang ada. Bagi saya hal ini sangat berguna apalagi di tujuan yang tidak menggunakan aksara Latin atau berbahasa Inggris. Penggunaan kompor, heater, televisi jadi tidak sulit lagi!

5. Bukan itu saja, host PandaBed saya di Seoul memberikan satu buku print out informasi rekomendasi tempat-tempat di sekitar rumah tinggalnya yang dapat dikunjungi selama perjalanan tersebut. Host bukan hanya menjadi penyedia tempat tinggal tapi menjadi masukan tempat-tempat menarik di luar buku panduan biasanya.

Kalau sudah tertarik menggunakan PandaBed, berikut beberapa tips bagi yang pertama kali akan menggunakannya:

1. Jangan lupa untuk menggunakan kupon diskon SGD 20 untuk bookingan saat pertama kali daftar di PandaBed.

2. Perhatikan ulasan tempat yang akan ditinggali, jika belum ada ulasan, cek ke pemilik mengenai tempat tinggal dan pastikan kamu nyaman dengan komunikasi yang berlangsung sebelum booking akomodasi di PandaBed.

3. Cek semua amenities yang ditawarkan host karena bukan hotel pastinya ada hal-hal yang berbeda. Kalau kamu menginginkan dapur dan mesin cuci serta lift atau AC di dalam unit, baca lagi listing sebelum booking.

4. Tanyakan hal yang ingin kamu tanyakan sebelum booking. Salah satu hal yang paling penting adalah early check in dan late check out atau paling tidak tempat untuk menaruh bagasi jika kamu tiba pagi hari atau akan check out malam.

5. Jika kamu booking untuk banyak hari, coba bertanya kepada host apakah ada harga spesial untuk tinggal di tempat mereka. Kadang kalau tinggal seminggu atau lebih, host dengan senang hati memberikan potongan harga.

Selamat booking di PandaBed!

Cek situs PandaBed, dan follow akun media sosial PandaBed di Instagram dan Twitter untuk info lebih lanjut.

TOPICS:

Comments (0)

There are currently no comments

Send Your Comment

required

required (not published)

optional