7 LANGKAH MERENCANAKAN TRIP SELANDIA BARU

Pertama kali merencanakan liburan ke Selandia Baru dan tidak tahu harus memulai dari mana? Berikut beberapa langkah awal bagi yang ingin mewujudkan trip ke negeri kiwi ini. Di akhir artikel ada dua contoh itinerary North Island dan South Island yang dapat kamu contek atau jadikan inspirasi liburan berikutnya. (Kenny Santana)

1. Memilih maskapai

Apakah kamu tahu kalau kamu bisa terbang dari banyak kota di Indonesia ke Selandia Baru dengan Garuda Indonesia. Meskipun Garuda tidak terbang langsung ke Selandia Baru, program Garuda Interline yang menyambungkan destinasi asal di Indonesia ke Selandia Baru dengan transit di kota pilihan di Australia untuk kemudian disambungkan dengan maskapai lain (Air New Zealand atau Qantas diantaranya) membuat perjalanan jadi lebih mudah.

Dari Jakarta, atau kota Indonesia lainnya, pelancong yang membeli tiket ke Selandia Baru dari Garuda, akan mendapatkan kemudahan seperti bagasi yang langsung tiba di Selandia Baru, tidak memerlukan visa transit di Australia dan waktu transit yang memadai namun tidak terlalu lama. Pilihan transit di Australia juga membuat waktu perjalanan semakin singkat kurang dari 13 jam dari Jakarta sudah sampai ke Auckland. Ekstra bonus? Makanan Indonesia selama perjalanan dengan Garuda. 

 2. Menentukan durasi liburan

Bagi yang pertama kali ke Selandia Baru, perlu diingat bahwa negara ini dibagi dua pulau besar yakni North dan South Island. Jika waktu memungkinkan tentunya luangkan waktu untuk keduanya karena setiap area memiliki pesonanya masing-masing. Menurut saya durasi minimal untuk mengeksplor Selandia Baru di kedua pulau ini setidaknya 8 hari dengan idealnya 14 hari buat mengunjungi beberapa lokasi terpentingnya.

3. Mengurus visa

Visa Selandia Baru sekarang lebih mudah lagi dengan kebijakan aplikasi personal dapat dilakukan secara online asalkan memiliki kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Bukan cuma itu saja, keluarga dalam satu kartu keluarga hanya perlu membayar satu kali aplikasi visa saja dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dan bagi yang memenuhi syarat, sekarang kedutaan Selandia Baru seringkali memberikan multiple entry setidaknya setahun buat pengunjung. Jadi tidak perlu ragu untuk aplikasi visa Selandia Baru! 

4. Auckland sebagai basis

Auckland skyline by night. #GAInterline #NZmustdo #Auckland #NewZealand

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on Mar 25, 2016 at 4:40am PDT

Posisi Auckland di North Island menjadikannya basis sempurna untuk mendarat begitu tiba pertama kali di Selandia Baru karena alasan lebih dekat. Perannya sebagai kota terbesar negeri ini juga membuatnya surga bagi pelancong yang ingin mencicipi kehidupan metropolitan ala Selandia Baru dari kafe, klub sampai beragam aktifitas. Dari Auckland juga tujuan wisata di North Island dapat diraih dalam waktu tidak terlalu lama seperti Hobbiton, Waitomo sampai Rotorua. Dan kalau kamu ingin melanjutkan ke South Island, penerbangan terbanyak dari North Island berada di bandara Auckland.

5. Menyetir atau tidak?

Selandia Baru adalah satu dari sedikit negara yang memberikan kemudahan buat pengunjungnya baik yang menginginkan liburan dengan menyetir sendiri maupun yang memilih untuk menggunakan transportasi umum untuk berpindah dari satu kota ke kota lain. Saran saya, kalau berpergian dengan teman-teman setidaknya berempat, cara menyetir sendiri pasti lebih hemat dengan fleksibilitas waktu. Tapi bagi yang waktu liburan terbatas dan hanya berangkat berlibur sendiri atau berdua, pilihan transportasi umum bus antar kota yang nyaman dengan wifi cuma-cuma dan pilihan jam beragam lebih dianjurkan.

6. Jangan lupakan kegiatan ekstrim!

Keunggulan Selandia Baru adalah banyaknya pilihan obyek wisata untuk beragam jenis pengunjung. Salah satu yang paling terkenal adalah kegiatan ekstrimnya yang bermula dari kelahiran bungy jumping pertama kali di Queenstown. Dalam kunjungan saya baru-baru ini ke North Island saya mencobai bungy jumping, skyjump, zipline sampai skydive yang masing-masing memiliki tingkat kejutan yang berbeda-beda. Karena peraturan pemerintah yang ketat dan jumlah operator yang melimpah, kelebihan melakukan kegiatan ekstrim di Selandia Baru adalah keamanan yang terjamin serta harga yang bersaing. Bayangkan skydiving di Selandia Baru dimulai dari harga 3 juta rupiah, jauh lebih terjangkau dibanding biaya skydiving di negara lain yang bisa mencapai 2x lipatnya!

7. Manjakan diri

Knock knock, any hobbit's home? #GAInterline #NZmustdo #Hobbiton #NewZealand

A photo posted by KartuPos (@kartuposinsta) on Mar 20, 2016 at 5:27pm PDT

Kalau sudah berada di Selandia Baru, keluarkan uang sedikit lebih banyak demi menikmati beberapa kegiatan terbaiknya. Menaiki helikopter di Mount Cook, skydiving di atas kota Auckland, trip mengunjungi Hobbiton, menginap di Hermitage dengan pemandangan langsung Mount Cook, serta jika nyali cukup besar, mencoba beragam jenis bungy di negara asalnya! Belum lagi pilihan spa, wine dan daging terbaik buat yang suka bersantai. Waktu liburan di Selandia Baru adalah saatnya menikmati hidup.

 

Untuk mengunduh contoh itinerary Selandia Baru, silahkan klik link berikut.

TOPICS:

Comments (0)

Lies 2 years, 6 months ago

Yg mesti dilakukan di NZ: Sky jump di Sky City Tower, Auckland dan Makan es krim movenpick di Mission Bay Auckland :D
(twitter: @laisya)

Reply

Jessica Louis 2 years, 6 months ago

All about adrenaline & extreme activities attracts me a lot and I guess NZ has them all!

Twitter : jellology

Reply

M Novan Baihaqi 2 years, 6 months ago

Bener bgt nih kegiatan yg memacu adrenalin bgt :bungy jumping, skyjump, zipline sampai skydive dan NZ harus mencobanya:)

Reply

M Novan Baihaqi 2 years, 6 months ago

Twitter : @Nopanbaihaqi

Reply

Nur Cahyoningsih 2 years, 6 months ago

Yang harus dilakukan di NZ itu skydiving di atas kota Auckland, nongkrong di Auckland yang katanya metropolis, liat-liat gletser di Fiordland Park sama ke Hobbiton!! @inungcahyaN

Reply

Denis 2 years, 6 months ago

Setelah nentuin durasi trip dan ngurus visa, serta milih maskapai, itinerary selanjutnya menurut gue adalah milih destinasinya. Dan karena gue suka banget sama film The Lord of The Rings jadi gue saranin KartuPos buat mampir ke Hobbiton, biar ngerasain gimana rasanya jadi hobbit :D

Dan rasanya nggak lengap kalo ke NZ belum nyobain sesuatu yang bikin adrenalin kita memuncak, yaa! KartuPos harus nyobain bungy jumping! Atau, nyobain skydiving...Liatin kota Auckland sambil terbang. Pasti seru wohooo!

Nah kalo aktivitas trip yang menguras tenaga udah dilakuin semua, tinggal saatnya santai. Nongkrong aja di cafe atau resto di Auckland.

@denistwitr

Reply

Lambok Girsang 2 years, 6 months ago

KartuPos seharusnya mengunjungi habitat burung Kiwi dan berfoto bersama burung KIWI di Selandia Baru @lambokgirsang1

Reply

NF MAYGANTI Sari 2 years, 6 months ago

Kalo aku sih lebih suka ke rumah hobbit hhaaa biar berasa hobbit gitu n mengenang rumah teletubies juga hhhee


Twitter @maygantii

Reply

atik 2 years, 6 months ago

Yang harus dilakukan di selandia baru :
1. Roadtrip south island..kudu..harus..nikmatin alam dan pemandangannya dari mobil
sesekali bisa turun di spot spot keren yang banyak tersedia di pinggir jalan. Hitung berapa banyak biri biri yang ditemui.
2. Naik cruisw di Milford Sound, rasakan pemandangan indah dan kerennya, liat walrus dan hewan laut lainnya saat cruise.

3. Trekking..banyak objek trekking yang sangat bervariasi. mulai dari easy trekking durasi 30 menit, sampai yang berhari hari. Pemandangannya amaziiingggg

4. Sport and extreme adrenaline rush di queenstown..bungeejumping, skydiving atau lainnya.

5. (kalo punya budget lebih) Helicopter tour di Mt.Aspiring National Park.

6. Visit Hobbiton.It a must!

Twitter : @tikotik

Reply

Rifan 2 years, 6 months ago

Selain mengunjungi Hobbiton (Ini sangat wajib!) dan Rotorua, saya akan sangat senang jika dapat mengatur itinerary saya dan menyempatkan diri untuk mengunjungi:
1. Pelabuhan Devonport, kebetulan memang saya suka dengan destinasi-destinasi yang berbau historik
2. Rangitoto! Sebagai pulau kawah dan gunung api termuda di NZ membuat saya sangat tertarik untuk mengunjungi tempat ini.
3. Goat Island Marine Reserve, surganya untuk ber-snorkelling!
Tentunya tidak melewatkan juga extreme sport yang ditawarkan di Selandia Baru dengan harga yang lebih terjangkau.

Reply

Rifan 2 years, 6 months ago

Twitter: @__rifan

Reply

Mindo 2 years, 6 months ago

Pasti tujuan pertama Hobbiton. Krn cm prnh ntn jd penasaran sm aslinya. Selanjutnya menikmati alam NZ ^^
@novitahutajulu

Reply

Ikhsan 2 years, 6 months ago

Sesunguhnya perjalanan yang paling menyenangkan adalah yang tidak terencana (PLAK). tapi tetep kalau mau jalan - jalan ke NZ sih selain harus nongkrong asik di auckland dan berfoto ria di chirstchruch . kayanya lebih enak bertualang ke wellington untuk bersepeda ria sambil melihat burung kiwi berasal, selanjutnya sih masih di daerah yang sama berfoto ria dengan bangunan tua viktoria yang berada di dekat pelabuhan. dan pada hari berikutnya wisata pedesaan di Kaikoura mengunjungi rumah fyffe yang lucu dan juga menikmati olahan makanan dari peternakan di daerah tersebut.

Twitter: @ikhsanfast

Reply

Arindya 2 years, 6 months ago

Intinerary yang jelas aku pengen cari kolam air panas, lihat peternakan penduduk, kebun anggur dan atraksi budaya mereka :)) pasti keren banget, sekalian tambah pengetahuan juga kan :)))

Twitter : @chanarin107

Reply

Fanny 2 years, 6 months ago

Tambahan itinerary untuk menambah pengalaman yang tak boleh dilewatkan saat berada di NZ :

1. Bersepeda. Ya! Karena di Selandia Baru banyak terdapat jalur/trek untuk bersepeda, sambil menikmati keindahan alamnya yang super indah (ada pegunungan, danau, dll)
2. Milford Sound Kayak/Canoe. Untuk budget trip kapal pesiarnya mungkin sangat mahal, jadi bisa dicoba naik kayak/kano, pasti gak kalah seru!

Twitter : @fannnnyb

Reply

Neli 2 years, 6 months ago

Itinerary yg menurut saya seharusnya KartuPos lakukan di Selandia Baru:

*Melihat hewan-hewan khas Selandia Baru di Auckland Zoo.
*Mencoba mata air panas atau spa mineral lalu mengunjungi Maori Village di Rotorua.
*Menguji peruntungan untuk melihat Lumba-Lumba dan Paus di Bay of Islands.
*Hiking di The Milford Track sambil menikmati pemandangan sekitar.
*Mengunjungi pusat pembuatan Wine di Blenheim, kalau waktunya pas bisa mengikuti Marlborough Wine and Food Festival.
*Mencoba extreme- dan leisure-sports serta belanja di Queenstown.

Masih banyak yang bisa dikunjungi dan dicoba selama berada di Selandia Baru. Semoga saya bisa main ke sana, gak berhenti di mimpi saja.

twitter: @gomimolly

Reply

eka herlina 2 years, 6 months ago

Nama : Ekahei
twitter :@ekahei

Bagi saya yang menarik dari perjalanan kartu pos, yang seharusnya dilakukan untuk perjalanan seminggu adalah sebagai berikut :
Hari pertama menginjak Auckland adalah City tour di kota terbesar di New Zealand ini. Adapun yang wajib di kunjungi adalah sebagai berikut :
Auckland Museum
Skytower
Kelly Tarlton’s Sea Life Aquarium

Hari kedua,
Seperti yang dijelaskan dalam blog ini tujuan wisata North Island yang tidak terlalu lama adalah mengunjungi Hobbiton, mengkhayal menjadi bagian dari film The Lord of the rings dan The Hobbit.

Hari ketiga adalah mengunjungi salah satu peternakan yang ada di kota ini, sebelum menuju Waitomo. Rasanya, kurang afdal tidak mengunjungi peternakan di New Zealand. hehehe
Setelah itu melihat Stalagmit, tetesan air gunung yang mengikis batuan dengan proses ribuan tahun sehingga membentuk batu runcing dari atas ke bawah di Goa Waitomo.Jika memungkinkan mengunjungi Rotorua, sekedar bercengkrama melihat suku Maori.

- Sisa hari menuju South Island via menerbangan untuk menghemat waktu. Mengunjungi Lake tekapo dan Queenstwown. Sebab, entah kenapa dari apa yang saya lihat lewat internet keindahan alam di new zealand terasa ketika berada di daerah South Island. Semoga di sini bisa melihat makluk imut bernama Koala.


Reply

edta 2 years, 6 months ago

well, kak Kenny..
Your itinerary kemarin sebenarnya awesome. Bahkan sangat awesome, then I'm so envy you! hahaha!

Tapi, dengan indahnya landscape New Zealand, I thought that the perfect itinerary should be the Kombi Road Trip. With your beloved one, of course :) That could be your best friend, your family, or your date. Aha!

Okey, bayangkan menyusuri New Zealand by road in few days.
Kak Kenny bisa mulai dari Auckland, doing city tour, termasuk culinary trip and beach at west coast of Auckland! Ended up with romantic dinner at beach, that would be perfect.

Then, setelah Auckland, bolehlah kita mampir ke Wellington, mengunjungi kota dengan beragam budaya. Well you could relax at Oriental Bay, Wellington’s golden inner-city beach, and delve into the museums, and art galleries.

Day 3 : head to West Coast. Visit Arthur's Pass to see the only Alpine Parrots. Ehhh di West Coast juga bisa menikmati wild and nature trip, like watching dolpins swimming across the sea. Pretty!

Day 4 : Penasaran dengan wine, you should visit Wanaka for wine tasting, langsung dari kebunnya. Plus, culinary di restoran loka that you can't be missed.

Day 5 : End the road trip at Queenstown, well, kapanlagi bisa menapakkan kaki langsung di set film Hollywood seperti Harry Potter & The Hobbit? Kalo berani, cobain bungee jumpingnya di Queenstown :D

A week on the road with your besties, would be unforgettable experience.

Happy holiday!

Fr : @edtaW (my Twitter acc)

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional