10 TIPS LIBURAN HEMAT KE BRAZIL

Brazil adalah negara yang mahal tapi berdasarkan pengalaman saya baru-baru ini, ada banyak tips untuk mengurangi biaya buat yang ingin mengunjungi negeri Samba ini. Berikut 10 diantaranya:

1. Tiket pesawat ke Brazil adalah komponen biaya paling besar dan biasanya dijual di atas $2000. Tapi Singapore Airlines seringkali mengadakan promo ke rute Sao Paulo di travel fair maupun online dengan harga berkisar $1250-$1350. Saya sendiri mendapatkan tiket seharga $1340 di travel fair dengan bonus voucher Changi dan Krisflyer 3x lipat. Kalau mendapatkan promo seharga ini langsung diambil.

2. Hotel bintang 3 dalam jaringan Accor harganya sangat masuk akal, seperti Ibis berkisar Rp.500.000 di Iguacu sampai Mercure di bawah Rp.1 juta di Sao Paulo dengan pembelian Advance Saver (minimal 15 hari sebelum tanggal kedatangan). Harga ini bisa lebih murah lagi kalau sedang ada Accor Super Sale yang sering berlangsung.

3. Selain hotel, gunakan pula Airbnb terutama jika mengunjungi Brazil di saat musim karnaval. Saya menemukan Airbnb ini https://www.airbnb.com/rooms/2108080 hanya 2 blok dari pantai Copacabana dengan harga sekitar $130 per malam untuk seluruh apartemen dan bisa maksimum 4 orang dengan sofa bed. Harga di luar karnaval tentunya bisa lebih murah. Untuk mendapatkan diskon $25 dari Airbnb, daftar di sini: www.airbnb.com/c/ksantana?s=8

4. Hindari musim karnaval kalau ingin Brazil yang lebih murah, karena harga-harga dijamin melonjak tinggi di musim karnaval atau perayaan tertentu seperti World Cup atau Olimpiade 2016 nanti. Tapi menurut saya sekali seumur hidup harus mencobai suasana karnaval ini.

5. Jika menjelajahi rute-rute domestik di Brazil, perhatikan bandara tempat terbang. Di kota-kota tertentu ada bandara yang lebih dekat dengan pusat kota sehingga transportasi jadi lebih murah dibandingkan bandara yang jauh dari kota.

6. Transportasi umum di Brazil sangat mudah digunakan dan lebih murah dibandingkan harus menggunakan taksi misalnya. Saya tiap hari menggunakan metro dan bus untuk kemana saja kecuali dari dan ke bandara karena membawa bagasi yang cukup besar.

7. Biaya makanan cukup mahal di Brazil, Minimal sekali makan di tempat yang biasa saja bisa menghabiskan sekitar Rp.100.000. Perhatikan dulu harga di menu sebelum memasuki restoran. Selain itu banyak porsi yang bisa dibagi dua atau tiga orang yang biasanya diinfokan oleh pelayan restoran terlebih dahulu atau bisa ditanyakan sendiri.

8. Kalau menggunakan ATM perhatikan tambahan biaya yang dikenakan. Ada ATM yang mengenakan biaya tambahan lokal padahal banyak ATM yang bebas biaya. Banco do Brasil yang paling sering saya gunakan karena tidak mengenakan biaya tambahan. Biaya yang ada hanya dari bank di Indonesia sekitar Rp.25000.

9. Gunakan Free Walking Tour di kota-kota besar Brazil untuk mengeksplor kota tersebut pada hari-hari awal. Setelah tur kalian hanya perlu memberi tips sekitar Rp.100 ribu-Rp.150 ribu tergantung bagusnya guide yang memberikan tur tersebut. Harga ini sangat hemat dibandingkan harus mengikuti tur berbayar. Selain tur gratis banyak juga obyek wisata gratis yang bisa ditemukan di Brazil, pantai dan taman-taman misalnya. Beberapa museum dan viewing platform dari gedung tinggi juga ada yang cuma-cuma. Info-infonya banyak bertebaran di Internet.

10. Banyak obyek wisata yang tidak memerlukan tur untuk dilakukan, seperti misalnya Christ the Redeemer atau Sugarloaf Mountain di Rio de Janeiro sangat mudah diraih dengan transportasi umum dan tanpa pemandu lokal. Tapi jangan terlalu berhemat sampai semua hal mau dilakukan sendiri, tur favela atau area kumuh Brazil misalnya sebaiknya memang mengikuti tur lokal karena alasan keamanan. Tur yang saya rekomen adalah tur favela ini: http://www.favelatour.com.br/ yang sebagian keuntungan digunakan untuk pendidikan anak-anak yang tinggal di favela. (Kenny Santana)

 

TOPICS:

Comments (0)

Zaenal Fahmi 6 years ago

Duh jadi kangen Cidade maravilhosa. Syukurlah sudah bisa menikmati serunya Rio waktu World Cup 2014. Belum puas kalo cuma ke Rio sih, pengennya balik ke Brazil lagi, terus jelajah bagian utara/norte. Ada rencana ke Rio 2016? :)

Reply

muhammad zulfikar 5 years, 8 months ago

hi mas zaenal
kebetulan sya tahun depan rencana mau ke brazil karena dapet pacar orang sana hehe..
kalau boleh tau biaya ongkos pp, visa, pasport, dan tetek bengek selainnya berapa ya harus saya siapkan?
terus untuk ngurus visanya harus langsung ke kedutaan brazil y?
apa aja syarat2nya mas?
mohon informasinya, terima kasih mas

Reply

Evita 5 years, 7 months ago

Dear mas Zaenal,

apakah bisa dirincikan bereapa biaya yg dibutuhkan dari mulai visa, tiket, makan, dan akomodasi yang dibutuhkan apabila berlibur sekitar sebulan dibrasil? dan apakah diperlukan guarantor yg berasal dari brasil apabila kita tidak memiliki saudara disana?
dan bagaimana keamanan di negara tersebut?

Terima kasih

Reply

Fitri 2 years, 11 months ago

Mohon perincian biaya ke Brasil selama 15 hari

Reply

Yusup 1 year, 2 months ago

Bang kalo di rupiahkan total ke sana kita habis uang berapa dan minimal kita harus singgah berapa lama??

Reply

Send Your Comment

required

required (not published)

optional